Ketum NOC Indonesia Sebut Menpora Baru Wajib Didukung Semua Stakeholder Olahraga

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 05 April 2023
Ketum NOC Indonesia Sebut Menpora Baru Wajib Didukung Semua Stakeholder Olahraga
Ketum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (Foto: NOC Indonesia/Naif Al'as)

MerahPutih.com - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari angkat suara soal terpilihnya Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Indonesia Maju.

Okto menilai, Dito adalah sosok muda yang mengenal olahraga dan memiliki semangat Olympism.

Sebab, Dito memiliki pengalaman menjadi Chef de Mission (CdM) Olimpiade Remaja 2018 Buenos Aires.

Baca Juga:

Menpora Dito Tegaskan Politik dan Olahraga Jangan Dicampuradukkan

“Saya percaya dengan latar belakang tersebut, Menpora pasti paham tentang Piagam Olimpiade,” kata Okto di Jakarta, Selasa (4/4).

Sebelum serah terima jabatan di Kemenpora, Dito menyempatkan diri berkunjung ke kediaman Okto di Jakarta Selatan.

Okto didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara, Komisi Sport and Development Calvin Legawa, dan CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games Lexyndo Hakim.

Dalam pertemuan tersebut, Okto sempat membahas Piagam Olimpiade, salah satunya yang mengatur Olympic Movement atau Gerakan Olimpiade yang menerangkan olahraga merupakan alat penting untuk menciptakan perdamaian dunia.

Piagam Olimpiade atau Olympic Charter merupakan konstitusi Komite Olimpiade Internasional (IOC), yang berisi tentang Olympism atau filosofi yang menjadi dasar Olimpiade, hingga Gerakan Olimpiade yang bertujuan mempromosikan nilai-nilai penting dalam olahraga.

Baca Juga:

CdM Sebut Menpora Dito Bawa Angin Segar Jelang SEA Games Kamboja

Piagam Olimpiade wajib ditaati NOC serta Federasi Internasional yang terafiliasi dengan IOC.

Selain itu, keduanya juga membahas terkait kalender event olahraga internasional.

Tim Indonesia sendiri tahun ini akan menghadapi SEA Games, ANOC World Beach Games, Asian Games, AIMAG, dan kualifikasi Olimpiade.

“Menpora tentu sendiri harus di-support stakeholder olahraga. Tentu kami support apalagi ini untuk Indonesia Raya dan Merah Putih,” kata Okto.

Sementara itu, Dito mengatakan, koordinasi lebih dulu dilakukan ke stakeholder olahraga, sehingga ia dapat bergerak cepat.

Ia secara khusus memuji sosok Okto sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia yang penting dalam perjalanan kariernya di olahraga.

"Beliau orang pertama yang percaya kepada saya untuk mengutus ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) DKI Jakarta dan membuat saya sampai sekarang aktif terlibat di olahraga,” kata Dito. (Knu)

Baca Juga:

Pesan Pimpinan Komisi X DPR ke Menpora Baru Dito Ariotedjo

#NOC Indonesia #Kemenpora
Bagikan
Bagikan