Ketua NOC Indonesia Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Kematian David Jacobs

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 28 April 2023
Ketua NOC Indonesia Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Kematian David Jacobs
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’s

MerahPutih.com - Dunia olahraga Indonesia tengah berduka setelah atlet para tenis meja, Dian David Michael Jacob atau David Jacobs meninggal dunia, Jumat (28/4) dini hari WIB.

Sebelum wafat di RS Husada, Jakarta Pusat, Ketua National Paralympic Comitee (NPC) DKI Jakarta itu ditemukan tergeletak di pinggir rel dekat Stasiun Gambir.

Baca Juga

Polisi Selidiki Penyebab Kematian Atlet Para Tenis Meja David Jacobs

Kabar kematian David Jacob membuat Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari berduka. Okto, sapaan karib Raja Sapta, menyebut kepergian David Jacobs menjadi duka bagi olahraga Indonesia.

"Saya mengucapkan duka cita mendalam atas kepergian David Jacob. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan," ujar Okto di Jakarta.

Okto mengaku kenal dekat dengan David Jacobs. Ia menilai atlet berusia 45 tahun itu memiliki semangat juang tinggi untuk memberikan prestasi terbaik bagi Merah Putih, dan ia tunjukkan di setiap multievent. Terutama ketika ia bertanding di Asian Para Games Jakarta.

"Kami keluarga besar olahraga Indonesia kehilangan sosok inspirasional,” sambung Okto.

Baca Juga

Di Depan CdM, Tinju Indonesia Janjikan Dua Medali Emas SEA Games 2023 Kamboja

Okto pun meminta pihak kepolisian dapat menindaklanjuti dan mengusut tuntas kasus kematian David Jacob.

"Kami meminta pihak kepolisian dapat menindaklanjuti dan mengusut tuntas kasus David, sehingga keluarga dan kami sebagai keluarga besar olahraga Indonesia mendapat kejelasan apa yang menjadi penyebab kematiannya,” ujar Okto.

Sebelum terjun di para tenis meja, David merupakan andalan Indonesia di tenis meja. Dia berpartisipasi pada SEA Games pertamanya pada tahun 2001. Berduet dengan Yon Mardiono, mereka memenangkan satu-satunya medali emas Indonesia pada pertandingan tenis meja SEATTA di Singapura.

David Jacob juga bermain di SEA Games Vietnam (2003), Filipina (2005), dan Thailand (2007). Pada 2008, David menjadi pelatih untuk tim Tenis Meja Indonesia dan pada tahun 2009 dia bertanding di SEA Games di Kuala Lumpur.

Di level Asia, David Jacob yang turun di kelas TT 10 para tenis meja juga memiliki prestasi gemilang. Ia bersama Komet Akbar sukses meraih medali emas Asian Para Games 2018 usai mengalahkan ganda Korea Selatan Shin Seung-weon/Jung Sukyon.

David Jacob juga tercatat berhasil mempersembahkan medali perunggu bagi Merah Putih di Paralimpiade, yakni Paralimpiade 2012 London dan Paralimpiade 2020 Tokyo. (Knu)

Baca Juga

Madura United Kalem Esteban Vizcarra dan Reva Adi Utama Dibajak Klub Lain

#NOC Indonesia #Raja Sapta Oktohari
Bagikan
Bagikan