Ketua NOC Harap Atlet Indonesia Bawa Pulang Medali Emas di Asian Games Hangzhou

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 02 September 2023
Ketua NOC Harap Atlet Indonesia Bawa Pulang Medali Emas di Asian Games Hangzhou
Chef de Mission (CdM) Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. Foto: Naif Al'as/NOC Indonesia.

MerahPutih.com - Kontingen Indonesia diharapkan dapat memanfaatkan momen Asian Games Hangzhou dengan optimal. Sebab, multievent empat tahunan itu bisa menjadi batu loncatan menuju prestasi yang lebih tinggi.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan atlet Indonesia harus memiliki ambisi tinggi. Sebab, sebagai negara besar, Indonesia harus menunjukkan presensi untuk tampil lebih besar.

Baca Juga

Menpora Dito Ariotedjo Apresiasi Gelaran Brick Parkour Asian Tour Indonesia 2023

"Saya berharap semua atlet Tim Indonesia di Asian Games Hangzhou berangkat dengan cita-cita medali emas dan pulang membawa kehormatan Merah Putih,” kata Raja Sapta Oktohari di Kemenpora, Jakarta Pusat, Jumat (1/9).

Selain itu, ia juga mengingatkan ada beberapa cabang olahraga yang akan masuk dalam perhitungan kualifikasi Olimpiade. Di antaranya tinju, panahan, hoki, renang, dan atletik.

“Tim Indonesia sudah mendapat dua tiket Olimpiade Paris melalui panahan dan sport climbing. Kita bisa menambah lagi di Hangzhou dan ini harus menjadi perhatian kita karena target Olimpiade Paris ini besar, yaitu ingin membuat sejarah baru,” ujar Okto.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono menuturkan, timnya tengah mematangkan persiapan jelang keberangkatan.

Baca Juga

Menpora Targetkan Indonesia Raih 20 Medali Emas pada Asian Para Games Hangzhou

Berbicara terkait target, pria yang menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) ini meyakini Tim Indonesia telah menyiapkan diri dengan baik.

“Ini tidak ringan karena tadi Pak Menpora juga telah menargetkan beberapa medali emas, tetapi saya yakin atlet kita telah menyiapkan diri dengan baik,” kata Basuki.

Asian Games Hangzhou merupakan edisi ke-19 dan akan dibuka pada 23 September 2023 hingga 8 Oktober. Namun, beberapa cabor sudah ada yang bermain di babak penyisihan sejak 19 September.

“Pelepasan akan kami jadwalkan sekitar 17 hingga 21 September, menunggu jadwal dari Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Basuki.

Sebagai informasi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengumumkan Tim Indonesia untuk Asian Games berkekuatan 415 atlet yang akan turun di 31 cabang olahraga.

Menpora menargetkan Indonesia bisa meraih 8-12 medali emas di Asian Games.

Tim Indonesia untuk Asian Games Hangzhou mendapat dukungan dari official patners, yaitu Wall's Ice Cream, Li-Ning, MyTours, NusaPay, Gudang Kripto, Pocari Sweat, Essenza, dan Bagasi. (knu)

Baca Juga

Indonesia Kirim 415 Atlet ke Asian Games 2023

#NOC Indonesia #Asian Games
Bagikan
Bagikan