Ketua MUI: Negara Indonesia Bukan Wilayah Islam, Melainkan Wilayah Kesepakatan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin (MP/Rizky Fitrianto)

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin menjadi penceramah dalam acara buka bersama keluarga TNI yang juga dihadiri Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno di halaman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (19/6).

Dalam ceramahnya, ia mengatakan bahwa bangsa Indonesia patut banyak bersyukur. Pasalnya, bangsa ini memiliki ideologi Pancasila yang dapat menyatukan berbagai suku, ras, dan agama di Indonesia.

"Kita juga harus bersyukur punya tokoh bangsa yang cerdas. Bung Karno yang dengan cerdas merumuskan Pancasila. Kita bersyukur punya para ulama yang dengan lega hati dan tanpa ego menerima apa yang menjadi cita-cita bersama," ujarnya.

Menurut dia, ketika Piagam Jakarta yang berbunyi 'dengan menjalankan syariat agama Islam bagi para pemeluknya-' diminta dihapuskan dari sila pertama dasar negara para ulama dengan ikhlas menerima.

"Karena jika dalam prespektif Islam, negara Indonesia adalah wilayah kesepakatan, bukan wilayah Islam dan bukan wilayah perang. Tapi wilayah kesepakatan yang artinya muslim dan non muslim hidup bersama dengan damai, saling menolong, saling membantu," jelasnya.

Maruf menyayangkan, ada kelompok-kelompok radikal yang membuat kegaduhan dan menggungat dasar negara Pancasila yang telah disepakati bersama oleh para pendiri bangsa.

"Dengan Pancasila kita bisa bersatu. Tapi kita sangat menyayangkan adanya kelompok-kelompok yang tidak punya kebersamaan, kelompok radikalisme yang ingin mengubah dan timbul kegaduhan-kegaduhan itu. Bersatu aja masih sulit menghasilkan kesejahteraan apalagi kalau tidak bersatu. Apalagi muncul kalangan intoleran. Kelompok ini menganggap alirannya saja yang benar sedangkan aliran lain dianggap sesat dan kafir," tandasnya. (Pon)

Baca berita terkait buka bersama Presiden Jokowi lainnya di: Presiden Tegaskan TNI Punya Tanggung Jawab Jaga NKRI



Noer Ardiansjah

YOU MAY ALSO LIKE