Ketua MPR Minta Jokowi Urusi Papua Dulu Baru Fokus Pindahkan Ibu Kota

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 26 Agustus 2019
Ketua MPR Minta Jokowi Urusi Papua Dulu Baru Fokus Pindahkan Ibu Kota
Ketua MPR, Zulkifli Hasan dalam sambutannya pada Peringatan Hari Konstitusi bertema "Evaluasi Pelaksanaan UUD 45", di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Minggu (18/8) (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Merahputih.com - Ketua Majelis Permusyawarakatan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta Presiden Joko Widodo fokus dahulu terhadap urusan di Papua ketimbang fokus memindahkan ibu kota. Karena, masalah yang terjadi di Papua lebih mendesak untuk diselesaikan.

"Saya sih mengatakan kita sekarang menghadapi teman teman di Papua. Coba lihat video-video itu, itu perlu penanganan serius," ujar Zulhas kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Baca Juga:

Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, DPR: Harusnya Pemerintah Fokus Berantas Kemiskinan

"Tidak hanya bapak presiden, (tapi) seluruhnya, ya bupatinya, DPR-nya, aparat penegak hukumnya dan jangan lupa sekarang ada dunia internasional, ada PBB, Melanesia, Afrika semua itu saya kira penting sekali penanganan," sambung Zulhas.

Zulhas mengatakan, fokus pemindahan ibu kita bisa dilakukan setelah Jokowi dilantik Oktober mendatang. "Jadi fokus dulu ke situ kan kalau habis dilantik nanti masih bisa kalau soal ibu kota," ujar Zulkifli.

Presiden Jokowi bantah lokasi ibu kota negara sudah ditentukan
Presiden Jokowi bersama Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Foto: Antaranews)

Ketua umum PAN itu menerangkan bahwa penyelesaian masalah Papua tidak hanya dibebankan kepada Presiden Joko Widodo. Menurut dia, seluruh pejabat harus ikut membantu menyelesaikan konflik tersebut.

Baca Juga:

Ini Daerah di Pulau Jawa yang Kecipratan Untung dari Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Ia mengatakan, pemerintah harus belajar dari sejumlah negara yang pernah mengalami perpecahan, seperti Uni Soviet yang telah bubar dan membentuk negara-negara kecil.

"Kita harus ambil pelajaran dari Rusia. Jadi fokus kita di situ, kalau pemindahan itu ya habis dilantik (jadi presiden lagi) bisa," ucap Zulhas. (Knu)

#Pemindahan Ibu Kota #Presiden Jokowi #Zulkifli Hasan
Bagikan
Bagikan