Ketua MPR: Bahas Pancasila untuk Atasi Kesenjangan dan Kemiskinan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menegaskan, Pancasila adalah ikhtiar untuk sejahtera bersama. Sebagai ideologi negara, kata dia, Pancasila bukan untuk menebar stigma sesama anak bangsa.

"Bicara Pancasila bukan untuk mengecam orang. Bahas Pancasila untuk atasi kesenjangan dan kemiskinan," kata Zulkifli saat menjadi pembicara kunci Diskusi Kebangsaan di Kampus Perbanas, Kuningan, Jakarta, Kamis (7/12).

Zulkifli menuturkan, tak ada yang perlu dikhawatirkan terhadap aksi Reuni 212. Menurut dia, yang perlu dikhawatirkan adalah adanya kesenjangan dan kemiskinan.

"Jadi, kalau ada aksi damai, ngga perlu khawatir. Yang harus kita khawatirkan itu kalau kesenjangan kaya-miskin melebar. Kalau Jawa-Luar Jawa timpang. Itu masalahnya," ucapnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai, situasi kebangsaan saat ini seharusnya diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Menurut dia, kuncinya negara harus mewujudkan keadilan sosial.

"Mari bersama kita menjahit merah putih yang sempat koyak karena perbedaan politik. Kuncinya ayo wujudkan keadilan sosial untuk semua," tandasnya.

Karena itu, mantan Menteri Kehutanan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengajak civitas akademika Perbanas untuk menjadi pelopor persatuan bangsa.

"Mari berhenti bersengketa, apalagi saling menista, kita ini bersaudara," tegas Zulkifli. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH