Ketua MA: Yang tidak Bisa Dibina, Kita Binasakan Saja! Ketua Mahkamah Agung (MA), Muhammad Syarifuddin. Foto: ANTARA/Erlangga Bregas Prakoso/Soni Namura/Gracia Simanjuntak

MerahPutih.com - Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025, Muhammad Syarifuddin menyampaikan pidato perdana dalam acara prosesi penggantian ketua MA di Ruang Command Center, Rabu (13/5).

Dalam pidatonya, mantan Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial ini menyampaikan pelaksanaan paket kebijakan bidang pembinaan dan pengawasan. Ia meminta badan peradilan jangan alergi pada pengawasan.

Baca Juga

Intip Sidang Berjarak Pemilihan Ketua Baru MA Saat Wabah Corona

"Yang alergi justru perlu dicurigai, dengan semboyan ‘yang bisa dibina kita bina, yang tidak bisa dibina dibinasakan saja’,” tegas Syarifuddin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (14/5)

Selain itu, Syarifuddin meminta Badan Pengawas memaksimalkan peran 20 ribuan aparat peradilan. Ia meminta Bawas terus mengaktifkan tim saber pungli di lingkup internal

Ketua MA Syarifuddin (BPMI Setpres)
Ketua MA Syarifuddin (BPMI Setpres)

Ia melanjutkan, pihaknya sedang menimbang untuk menghidupkan kembali hakim agung pengawasan daerah. Hakim itu nantinya berada di bawah koordinasi Wakil Ketua MA Nonyudisial. Utamanya, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar tidak menganggu penyelesaian perkara.

Baca Juga

Ketua KY Sambut Positif Terpilihnya Muhammad Syarifuddin Sebagai Ketua MA

Sementara itu, untuk pembangunan fisik peradilan pihaknya akan memulai dengan pembaruan struktur kelembagaan dengan melakukan restrukturasi organisasi MA. Sarana dan prasarana mendukung pelaksanaan tugas peradilan dan pelayanan masyarakat, termasuk sistem administrasi peradilan akan diperbaiki dan ditingkatkan.

“Mudah-mudahan ini semua membawa perubahan bagi dunia peradilan. Dan saya yakin visi kita mewujudkan badan peradilan Indonesia yang agung tercapai sebelum tahun 2035,” ungkapnya pada acara terpisah usai acara penyerahan sembako di lingkungan MA, Kamis (14/5).

Baca Juga

Muhammad Syarifuddin Jadi Ketua MA Baru Lewat 2 Kali Voting

Di tengah kesibukannya, Syarifuddin selaku Ketua Pelindung Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (PP IKAHI) menyerahkan bantuan sembako kepada office boy, honorer dan teknisi di lingkungan MA, khususnya dalam rangka menghadapi hari raya di tengah Pandemi Covid-19. Ia juga meninjau bantuan serupa dari Dharmayukti Karini MA. (*)

Kredit : dika

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH