Ketua KPK Ancam Caleg Tak Akan Dilantik Jika Belum Serahkan LHKPN Ketua KPK Agus Rahardjo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengatakan para calon anggota legislatif yang terpilih dalam Pemilu 2019 tidak akan dilantik apabila belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Kalau yang belum (serahkan LHKPN) nanti kalau dia terpilih, dia punya waktu seminggu untuk melengkapi, kalau nggak dilengkapi ya nggak dilantik," kata Agus di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4).

"Nggak dilantik, itu peraturan KPU kalau tidak salah," kata Agus menambahkan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Menurut Agus, berdasarkan peraturan baru KPK, penyelenggara negara yang terpilih wajib melaporkan LHKPN secara rutin setiap tahun sebagai bentuk transparansi pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi.

"Dalam rangka pencegahan kita menginginkan transparansi mengenai kekayaan mereka. Apalagi dalam peraturan KPK terbaru setiap tahun deadline-nya tanggal 31 maret seperti deadline pajak, mereka harus melaporkan kembali," jelas Agus.

Pelaporan LHKPN, kata Agus, untuk mengetahui perkembangan kekayaan para penyelenggara negara. Dengan demikian, lembaga antirasuah bisa memonitor peningkatan harta mereka.

"Jadi kita tahu perkembangan dari harta mereka, jadi kita bisa memonitor apakah mereka mengumpulkan hartanya wajar atau tidak kalau perkembangannya meningkat luar biasa," pungkas Agus. (Pon)

Baca Juga: Melihat Harta Kekayaan Para Capres-Cawapres di Pilpres 2019

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH