Ketua IPW Meninggal, Indonesia Kehilangan Pengamat Kepolisian yang Kritis

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 16 Juni 2021
Ketua IPW Meninggal, Indonesia Kehilangan Pengamat Kepolisian yang Kritis
Ketua Presidium Ind Police Watch, Neta S Pane (Foto: antaranews)

Merahputih.com - Kabar duka datang dari kelompok jurnalis dan pemerhati Kepolisian. Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meninggal dunia di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat, pada Rabu (16/6) pukul 10.40 WIB. Neta telah dirawat di rumah sakit sejak 5 Juni lalu dan pernah positif COVID-19.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia, Edi Hasibuan yang juga rekan Neta mengaku kehilangan akan sosok 'low profile' itu.

Baca Juga

Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar Seorang Perempuan

"Kita kehilangan pengamat kepolisian yang kritis dan banyak memberi masukan dalam memajukan Polri yang semakin baik," ujar Edi, Rabu (16/6).

Neta merupakan Ketua Presidium IPW sejak 2004 hingga sekarang. Neta sempat jadi wartawan Surat Kabar Harian (SKH) Merdeka di Jakarta 1984. Di media yang sama, Neta juga naik jabatan menjadi Redaktur Pelaksana (Redpel) pada 1991.

Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane
Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Foto: MP/Kanu

Dua tahun setelahnya, yakni 1993, pria yang akrab disapa bang Neta ini pindah ke Harian Terbit sebagai Redpel.

Lalu pada 2002-2004, Neta S Pane juga pernah menjabat sebagai Wakil Pemimpin Rekdaksi Surat Kabar Jakarta, sebelum akhirnya menjadi Ketua Presidium IPW pada 2004 hingga akhir hayatnya.

Melalui IPW, Neta S Pane yang merupakan putra pasangan Tapi Rumondang Siregar dan Endar Pane itu kerap kritis pada sejumlah kasus kepolisian. Selain berkarir menjadi aktivis di IPW, Neta juga produktif dalam menulis seperti buku, karya ilmah, dan sastra.

Baca Juga

Bom Meledak di Katedral Makassar, PGI Minta Umat Tenang

Neta S Pane juga menjadi dosen tidak tetap di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Universitas Muhammadiyah, dan sejumlah kampus lainnya. (Knu)

#IPW #Neta S Pane
Bagikan
Bagikan