Ketua GNPF MUI: Bawaslu Tidak Berhak Intervensi Materi Ceramah Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir menilai Bawaslu tidak berhak mengatur apalagi mengintervensi materi ceramah para da'i untuk disampaikan kepada masyarakat.

Sebab, menurutnya pengaturan materi ceramah khatib atau dai bukan domain Bawaslu tetapi khatib itu sendiri atau pihak takmir masjid.

"Sepenuhnya kan menjadi hak si khatib, si penceramah dan hak si mesjid, kalau bawaslu tidak punya hak untuk mengintervensi," kata Bachtiar saat dijumpai di Kantor AQL Tebet Jakarta Selatan, Selasa (13/2).

Namun, kata dia, saol penggunaan pedoman ceramah yang disusun Bawaslu untuk para da'i itu baru sekadar himbauan. Tidak ada paksaan.

"Saya kira itu hanya himbauan dari Bawaslu yang juga tidak memaksa, itu walaupun domainnya sudah di luar domain bawaslu, tapi karena sifatnya himbauan, maka tidak masalah," kata dia.

Menurutnya, sebagai usulan untuk menciptakan Pilkada aman dan lancar itu haknya, tidak ada masalah. Tetapi, jika sudah melampaui fungsinya sebagai pengawas pemilu, itu yang tidak boleh.

"Hanya usulan, kalau melebih-lebihkan sudah melampaui haknya," pungkas Bachtiar. (Fdi)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH