Ketua Fraksi PDIP Kabupaten Bekasi Terseret Kasus Suap Meikarta

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 15 November 2018
Ketua Fraksi PDIP Kabupaten Bekasi Terseret Kasus Suap Meikarta
Jubir KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Sulaeman terkait kasus dugaan suap pengurusan izin proyek pembangunan Meikarta.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Bekasi itu akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka ‎Kepala Dinas Damkar Bekasi, Sahat MBJ Nahor (SMN).

"Yang berangkutan akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka ‎SMN," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (15/11).

meikarta
Proyek Meikarta dari Lippo Group (meikarta.com)

Belum diketahui apa kaitan Sulaeman sehingga ikut terseret-seret dalam kasus suap izin Meikarta ini. Namun diduga, Sulaeman mengetahui aliran uang suap pengurusan izin salah satu proyek prestisius milik Lippo Group itu.

KPK telah mengendus sumber uang suap yang digunakan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro untuk menyuap Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin terkait pengurusan izin proyek pembangunan Meikarta. KPK mengendus uang tersebut berasal dari PT Lippo Group.

Belakangan, KPK juga telah memeriksa sejumlah petinggi Lippo Group lainnya untuk mengusut sumber uang suap itu. CEO Lippo Group James Riady termasuk yang sudah diperiksa KPK. Dari pemeriksaan James Riady, penyidik menggali peran serta kontribusi korporasi di kasus suap pengurusan izin proyek Meikarta.

CEO Lippo Group James Riady memenuhi panggilan penyidik KPK, Selasa (30/10) MP/Ponco Sulaksono

Meikarta merupakan salah satu proyek prestisius milik Lippo. Penggarap proyek Meikarta, PT Mahkota Sentosa Utama merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang Tbk. Sementara PT Lippo Cikarang Tbk adalah anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk.

Secara keseluruhan, nilai investasi proyek Meikarta ditaksir mencapai Rp278 triliun. Meikarta menjadi proyek terbesar Lippo Group selama 67 tahun grup bisnis milik Mochtar Riady itu berdiri.

Dalam kasus dugaan suap ini KPK menetapkan Billy Sindoro dan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin serta tujuh orang lainnya, baik dari pihak Pemkab Bekasi dan Lippo Group sebagai tersangka. (Pon)

#Suap Meikarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan