Ketua DPRD DKI Jakarta Tak akan Biarkan Anies Lepas Saham Bir

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 01 Agustus 2022
Ketua DPRD DKI Jakarta Tak akan Biarkan Anies Lepas Saham Bir
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: MP/ Ponco)

MerahPutih.com - Penjualan saham bir di PT Delta Djakarta yang akan dilakukan Pemerintah DKI Jakarta tak akan terealisasi, jika Prasetyo Edi Marsudi masih menjabat sebagai Ketua DPRD.

Terlebih selama ini, saham bir di PT Delta telah memberikan keuntungan besar bagi Pemerintah DKI untuk pembangunan ibu kota.

Baca Juga:

Anies Banding soal UMP DKI, Berharap Hakim Pertimbangkan Rasa Keadilan

"PT Delta selama saya menjabat sebagai DPRD tidak akan saya jual karena itu tidak ada penyertaan modal loh, keuntungan mereka Rp 300 berapa miliar," kata Prasetyo di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (1/8)

Bahkan, PT Delta menyumbang dividen terbesar kedua setelah Bank DKI kepada Pemprov DKI. Karena itu, ia mempertanyakan apa alasan Anies ingin menjual saham produsen bir heineken, bintang, dan lainnya itu.

"Jadi dividen terbesar setalah bank DKI itu PT Delta, Itu sehat, lalu dijual untuk apa?" paparnya.

Ia juga khawatir jika nantinya sahamnya dijual, lalu harga emiten PT Delta (DLTA) malah melambung tinggi, akhirnya malah membuat Pemprov DKI rugi.

"Itu kan janji dia (Anies) bos semua mau dijual, habis jual (Pemprov dapat) Rp 1,7 triliun tiba-tiba di pasar saham tinggi. Gue enggak mau, kalau nanti nggak jadi anggota dewan deh silahkan lu mau jual jual deh," pungkasnya.

Baca Juga:

Jokowi dan Ibu Negara Hadir di Resepsi Pernikahan Putri Anies Baswedan

Diketahui, Pemprov DKI mendapatkan dividen atau laba dari PT Delta Djakarta sebesar Rp 60,1 miliar. Pembagian ini berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan bir itu.

Dalam pembahasan, PT Delta akan membagikan dividen senilai Rp 300 per saham untuk laba tahun buku 2021.

Nilai dividen yang dibagikan kepada Pemprov DKI ini naik 13 persen dari laba tahun sebelumnya, yakni 52,5 miliar. Ia mengaku puas karena PT Delta tidak pernah meminta Penyertaan Modal Daerah (PMD) kepada Pemprov DKI.

"Teman-teman di Delta itu, dia tidak pernah minta PMD dan tiap tahun selalu berikan dividen. Dividen lebih tinggi dari tahun sebelumnya," ujar Plt. Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Budi Purnama.

Diketahui, Pemprov DKI memiliki 210,20 juta lembar saham atau 26,25 persen dari total saham. Total dividen yang dibagikan PT Delta mencapai Rp 240,19 miliar. (Asp)

Baca Juga:

Pernikahan Putri Anies Baswedan Kental Nuansa Adat Jawa

#Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan