Ketua DPRD DKI Dukung Penyelenggaran Formula E, tapi... Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi meminta Pemprov DKI tak terus bersikukuh kawasan Monumen Nasional (Monas) menjadi rute perlintasan mobil balap Formula E.

Pras panggilan akrab Prasetyo ini pun menyarankan Pemda DKI untuk memilih lokasi lain sebagai ajang mobil balap bertaraf internasional yang tak kalah mempuni dari Monas bisa Ancol atau GBK.

Baca Juga

DPRD Mentahkan Klaim Anies Formula E Dongkrak Perekonomian Jakarta

"Kita punya kawasan Taman Impian Jaya Ancol, kawasan Kemayoran, atau Gelora Bung Karno yang menurut saya cukup tepat," kata Prasetyo di Jakarta Sabtu (15/2).

Menurut dia, Pemprov DKI tak perlu memusingkan lokasi lintasan Formula E. Sebab, kata dia, sejatinya fokus utama event ini untuk mendongkrak ekonomo DKI dari wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sirkuit
Desain sirkuit Formula E di monas. Foto: Humas Pemprov DKI

"Salah satu tujuan penyelenggaraan Formula E ini adalah menggenjot pendapatan devisa dari sektor pariwisata yang dimiliki Jakarta, Setelah itu baru lah keuntungan lain-lainnya yang tentu tak instan diperoleh," ungkap dia.

Politikus PDI Perjuangan ini menilai bahwa ajang Formula E sangat perlu digelar di ibu kota. Karena event itu tujuannya untuk menggenjot ekonomi warga dan bisa menunjukan kepada dunia bila Jakarta bisa menghelat event yang bertaraf internasional.

Baca Juga

Dituding Manipulasi Surat Rekomendasi Formula E, Sekda DKI Bela Anies

"Formula E di Jakarta perlu. Tapi penyelenggaraannya harus sesuai aturan, dan tentu harus juga sesuai dengan rekomendasi pihak berwenang," tutup dia.

Sebelumnya Pras menuding Gubernur Anies Baswedan memanipulasi surat rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI. Langkah itu dilakukan Anies agar TACB mengizinkan penggunaan Monas untuk aren ajang Formula E.

Dugaan manipulasi ini tertuang dalam Surat Gubernur yang terbit pada 11 Februari 2020. Dalam surat itu, Anies menyebut sudah memperoleh izin dari tim cagar budaya Pemprov DKI.

Baca Juga

Tarik-ulur Selesai, Setneg Ujung-ujungnya Izinkan Anies Gelar Formula E di Monas

"Saya sebagai ketua dewan, dan juga dari fraksi (PDIP) melihat ada manipulasi bahwa seakan-akan Kepala Cagar Budaya Pak Marjito ini mengiakan. Padahal, belum dikonfirmasi," kata Prasetyo di Jakarta Kamis (13/2). (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH