Ketua DPR RI Terima dan Beri Pengarahan 50 Peserta Beasiswa INTI ke Tiongkok Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima dan memberikan pengarahan kepada puluhan penerima beasiswa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI). Foto: MP/Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima dan memberikan pengarahan kepada puluhan penerima beasiswa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) S1, S2, dan S3 ke Tiongkok, RRT di Gedung Nusantara 3 DPR, Jakarta, Rabu (21/8).

Diketahui sebanyak 50 pelajar yang menerima beasiswa dari INTI yang mengeyam pendidikan di Tiongkok.

Baca Juga: Perhimpunan INTI Lepas Para Penerima Beasiswa Kedutaan RRT ke Tiongkok

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima dan memberikan pengarahan kepada puluhan penerima beasiswa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) S1, S2, dan S3 ke Tiongkok, RRT di Gedung Nusantara 3 DPR, Jakarta, Rabu (21/8).
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima dan memberikan pengarahan kepada puluhan penerima beasiswa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) S1, S2, dan S3 ke Tiongkok, RRT di Gedung Nusantara 3 DPR, Jakarta, Rabu (21/8). Foto: MP/Rizki Fitrianto

Bamsoet panggilan akrab Bambang Soesatyo ini berpesan kepada peserta beasiswa INTI agar bisa menjaga nama baik bangsa Indonesia disaat menimbah ilmu di Tiongkok.

Tak lupa juga Bamsoet berharap, penerima beasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia ini nantinya bisa berbakti untuk Tanah Air usai mendapatkan ilmu di Negeri Tirai Bambu itu.

"Jaga nama baik bangsa negara kita di sana. Jaga nama baik keluarga. Dan apa yang didapat disana baktikan kepada bangsa negara," kata Bamsoet di lantai 2 Gedung Nusantra III, Jakarta, Rabu (21/8).

Tak melulu serius, Bamsoet juga berkelakar dihadapan peserta beasiswa dan rombongan elit INTI. Ia menyarakan penerima beasiswa agar mencari jodoh di Tiongkok.

Baca Juga: Bertemu Ketua DPR RI, INTI Tegaskan Komitmen Terhadap Pancasila dan NKRI

"Boleh juga nyari jodoh di sana (Tiongkok)," disambut gelat tawa tamu yang berada di ruangan rapat DPR RI.

Lebih lanjut, menurut Bamsoet, penerima beasiswa INTI harus belajar banyak dari negara lain khususnya Tiongkok. Di mana negara bagian Asia Timur itu sudah hampir melampaui negara-negara maju lain dan saat ini berani berhadapan dengan Amerika.

"Gali ilmu sebanyak-banyaknya. Lihat cara saudara-saudara kita bekerja, etos kerja segala macam," jelas Bamsoet.

Sementara itu, Ketua Umum INTI Teddy Sugianto berharap kepada penerima beasiswa untuk tidak lupa akan Indonesia. Ia pun mengimbau pada adik-adik beasiswa setelah selesai mengeyam kuliah di Tiongkok untuk kembali ke Tanah Air agar bisa membangun Indinesia.

"Saya tegaskan sudah lima tahun pergi ke Cina akhirnya udah pintar diam disana. Udah pinter udah ini pokoknya mesti pulang ke Indonesia. Bangun bangsa Indonesia, dapat ilmu disana," tegasnya.

Menurut Teddy, mereka merupakan duta bangsa yang kelak nanti mudah-mudahan ada yang menjadi pemimpin bangsa Indonesia.

"Semoga kelak nanti menjadi ada yang menjadi Gubernur, Menteri, dan Wali Kota," harapan Teddy.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPR RI Maruarar Sirait memberikan pembekalan terhadap puluhan peserta beasiswa INTI ke Tiongkok. Ia berharap pada penerima beasiswa ini bisa bejanji selalu mengabdi kepada Pancasila dan kepentingan nasional di mana pun berada.

"Saya betul juga, saya indonesia saya pancasila. Dan utamakan kepentingan indonesia dan bukan kepentingan negara cina," kata Maruarar.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima dan memberikan pengarahan kepada puluhan penerima beasiswa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) S1, S2, dan S3 ke Tiongkok, RRT di Gedung Nusantara 3 DPR, Jakarta, Rabu (21/8).
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima dan memberikan pengarahan kepada puluhan penerima beasiswa Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) S1, S2, dan S3 ke Tiongkok, RRT di Gedung Nusantara 3 DPR, Jakarta, Rabu (21/8). Foto: MP/Rizki Fitrianto

Baca Juga: INTI dan UMM Teken MoU Kerja Sama Bidang Pendidikan

Di sesi akhir Ketua INTI Teddy Sugianto kemudian memberikan kenang-kenangan kepada Bamsoet dan Ara berupa jaket berwarna putih bertuliskan "Indonesia Berbakti" dan piagam INTI. Hadir juga dalam acara itu anggota DPR RI dari NasDem Ahmad Sahroni.

Turut hadir pengurus INTI pendamping peserta beasiswa yakni Wakil Ketua Umum; Haris Chandra, Wakil Ketua Umum; Budi S Tanuwibowo, Bendahara Umum: Nurjati Tanuwidjaja, Dewan Pakar; Azmi Abubakar, Wakil Sekretaris Jenderal; Candra, Ketua Bidang Pendidikan; Betty Hoo, Wakil Ketua Bidang Pendidikan; Pusanti, Ketua PD INTI Banten; Rudi Gunawijaya, Sekretaris PD INTI DKI Jakarta; So Wee Ming, Ketua PC INTI Bogor; Haryanto Oetama, Wakil Ketua PC INTI Bogor; Budiman Oetama, Sekretrais 1; Beby Chandra W, Sekretaris; Ishak Barlian, Pelangi; Imanuel Ginting, Eggie Wilianto, Rudi, INTI; Dingchong, Sekretaris PINTI Pusat, Sartiny, Ketua GEMA INTI Pusat; Krista Wijaya, ketua bidang sosial & CSR; Serihana, Dewan Kehormatan, Muliawan Jahja, dan Hakim Setiandi, GEMA INTI Bali; Yuliana Santi. (Asp).

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH