Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan 22 Mei Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet (Foto: Twitter @DPR_RI)

MerahPutih.Com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet meminta aparat kepolisian menindak tegas pelaku kerusuhan 22 Mei.

Menurut Bamsoet, tindakan tegas tersebut untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku lain yang bertindak anarkistis.

“Jangan berikan ruang bagi para perusuh yang telah merusak aksi demonstrasi yang semula berjalan dengan damai,” ujar Bamsoet melalui keterangan tertulis kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/5).

Selain tindak tegas, politisi Golkar ini menyarankan agar proses hukum terhadap perusuh dilakukan secara transparan.

Kerusuhan 22 Mei
Massa aksi merusak dan membakar sejumlah fasilitas umum dan membuat kegiatan warga tersendat (MP/Rizki Fitrianto)

“Proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku secara transparan agar masyarakat menyadari bahwa semua ada aturan mainnya,” tambahnya.

Bamsoet berharap aksi massa mereda seusai 22 Mei lalu. Menurutnya, hal ini bukan berarti pemerintah melarang masyarakat menyampaikan pendapatnya. Namun, untuk antisipasi masuknya provokator yang menyebabkan kericuhan saat aksi serta kerugian setelah kericuhan berlalu.

“Dan pada akhirnya rakyat jugalah yang menjadi korban, baik korban jiwa maupun harta akibat lumpuhnya aktivitas perekonomian,” tandasnya.

BACA JUGA: Daftarkan Gugatan Sengketa Pemilu di Hari Terakhir, Bukti Prabowo-Sandi Tak Siap

Politisi Gerindra Pertanyakan Pengirim Batu dan Uang Dalam Mobil Ambulans Partainya

Dampak kerusuhan selain membuat masyarakat terbelah juga menimbulkan keresahan sosial.

“Mari sudahi penggunaan kekerasan dalam berdemonstrasi. Selain tidak ada gunanya juga malah merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Bamsoet juga menyampaikan rasa prihatin terhadap korban jiwa saat kerusuhan 22 Mei serta berterima kasih kepada aparat yang selalu siaga menjaga keamanan para pendemo dan masyarakat selama aksi berlangsung.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH