Ketua DPR Desak KPU dan Bawaslu Ungkap Kasus Temuan C1 di Menteng

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 08 Mei 2019
Ketua DPR Desak KPU dan Bawaslu Ungkap Kasus Temuan C1 di Menteng
Ketua DPR Bambang Soesatyo menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan LKBN ANTARA. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendesak KPU dan Bawaslu serta Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) segera mengungkap kasus penemuan ribuan formulir C1 yang diduga palsu.

Menurut Bamsoet, petugas harus menjelaskan kepada masyarakat hasil penyelidikan keaslian dokumen-dokumen tersebut. Kalau tidak kasus itu berpotensi membuat resah masyarakat.

Polisi mengamankan sebuah mobil mencurigakan yang membawa ribuan formulir C1 di wilayah Jakarta Pusat. (Foto: MP/Kanugrahan)
Polisi mengamankan sebuah mobil mencurigakan yang membawa ribuan formulir C1 di wilayah Jakarta Pusat. (Foto: MP/Kanugrahan)

"Agar tidak membuat resah masyarakat, segera ungkap," katanya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (8/5).

Bamsoet berharap agar Bawaslu bersama Sentra Gakkumdu untuk memusnahkan dokumen-dokumen tersebut jika hasil validasi dan penyelidikan menyatakan dokumen yang ditemukan adalah palsu.

"Supaya dokumen tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," tutur politikus Golkar itu.

Dia meminta masyarakat tidak terprovokasi atas peristiwa tersebut. Ia juga meminta masyarakat senantiasa mengecek kebenaran berita dan melapor ke KPU-Bawaslu jika menemukan dokumen terkait Pemilu.

"Mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita yang belum terbukti kebenarannya. Serta mengimbau masyarakat apabila menemukan dokumen terkait Pemilu agar segera menyerahkan dokumen tersebut ke KPU atau pun ke Bawaslu," kata Bamsoet.

Baca Juga:

Bawaslu Jakpus Buka-bukaan Temuan C1 Untungkan Prabowo-Sandi

M. Taufik Bantah Otak Pengiriman Formulir C1 yang Diamankan Polisi

Seperti diketahui, penemuan ribuan formulir C1 ini berawal dari operasi lalu lintas yang dilakukan Polres Metro Jakarta Pusat pada Sabtu (4/5).

Sebuah mobil disetop di Jl Besuki, Menteng kemudian ditemukan 2 kardus di bagasinya. Kardus itu ternyata berisi ribuan formulir C1.

Kardus pertama berisi 2.006 formulir C1 sementara kardus kedua berisi 1.761 formulir C1. Ribuan formulir C1 itu berasal dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah. (Knu)

#Bambang Soesatyo #Pemilu 2019 #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan