Ketua DPD Tegaskan Anak Muda Banyak Jadi Pembawa Virus Bagi Orang Tua

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 13 Agustus 2021
Ketua DPD Tegaskan Anak Muda Banyak Jadi Pembawa Virus Bagi Orang Tua
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. (ANTARA/HO-DPD RI)

Merahputih.com - Kelompok anak muda diminta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski memiliki imunitas yang baik. Apalagi, Satgas Penanganan COVID-19 melaporkan terjadi peningkatan kasus kematian pasien usia produktif.

Menurut Ketua DPD, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dengan menjaga diri sendiri akan sangat berguna bagi keluarga dan lingkungan.

"Harus diingat banyak sekali kejadian anak muda menjadi carrier atau pembawa virus bagi orang tua. Maka disiplin prokes mutlak dilakukan, jangan pernah sembrono," kata LaNyalla kepada wartawan, Jumat (13/8).

Baca Juga:

IDI Sebut 598 Dokter Gugur Selama Pandemi COVID-19

Senator asal Jawa Timur ini berharap generasi muda lebih bijaksana dalam menghadapi pandemi. Apalagi, anak muda biasanya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan saat terpapar COVID-19.

Tapi yang sangat bahaya adalah ketika mereka menularkan virus kepada orang tua, apalagi yang memiliki komorbid. "Ingat selalu untuk menerapkan 3M, dan pastikan sudah dalam keadaan bersih ketika berinteraksi dengan orang tua maupun kelompok berisiko tinggi," sambung LaNyalla.

Pasien COVID-19. (Foto: Antara)
Pasien COVID-19. (Foto: Antara)

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Juli 2021, terdapat sebanyak 46,7 persen kematian akibat COVID-19 di Indonesia. Kebanyakan berasal dari populasi berusia di atas 60 tahun.

Adapun 36,7 persen kematian berasal dari pasien usia 46-59 tahun dan 12,7 persen kematian dari usia 31-45 tahun. Selain itu, terjadi peningkatan kematian akibat COVID-19 untuk pasien usia 31-45 tahun selama Juli 2021.

Baca Juga:

Kapolri Perintahkan Jajarannya Awasi Penggunaan Anggaran COVID-19

Angkanya cukup melonjak. Karena di bulan Juli terjadi kasus kematian di usia 31-45 tahun sebanyak 5.159 orang, padahal bulan sebelumnya hanya ada 964 kasus.

Peningkatan juga terjadi di kelompok usia 46-59 tahun, dengan total 13.694 orang. Atau naik lima kali lipat. (Knu)

#La Nyalla Mattalitti #COVID-19 #Kasus Covid
Bagikan
Bagikan