Ketrampilan Sosial yang Berguna dalam Pergaulan Ketrampilan sosial akan memudahkan pergaulan. (Foto: Pexels/daniel xavier))

SEMUA orang memiliki tingkat keterampilan sosial yang berbeda. Beberapa orang secara alami begitu karismatik dan mudah disayangi oleh orang lain. Sebagian mungkin berusaha ramah namun canggung. Sementara ada pula yang pemalu atau tertutup dan menganggap interaksi sosial terlalu melelahkan atau tidak menguntungkan.

Meskipun demikian, jika kamu berharap orang lain menanggapimu dengan lebih hangat dan terbuka, atau dengan lebih banyak penerimaan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat dirimu lebih disukai.

Baca Juga:

Mumpung Jomlo, Timbun Kekayaan Yuk!

1. Menjadi pendengar yang lebih baik

sosial
Harus mendengarkan apa yang teman katakan. (Foto: Pexels/Bahaa A Shawqi)


Orang-orang suka didengarkan. Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu harus benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Alih-alih menceritakan kisah hebat yang ingin kamu ceritakan saat mereka selesai berbicara, temukan cara untuk menyampaikan bahwa kamu penuh perhatian. Anggukan kepala, oh, dan ah, bisa sangat bermanfaat.

2. Bersikaplah suportif

sosial
Selalu hadir dalam berbagai atmosfir rasa. (Foto: Pexels/rawpixelcom)

Mungkin lebih mudah untuk meremehkan keluhan kecil yang disampaikan seseorang. Tetapi sesungguhnya yang dicari orang lain adalah validasi. Sebaliknya, saat seseorang memberi tahu sesuatu yang mereka capai, berikan ucapan selamat yang tulus. Jika seseorang memberi tahumu tentang sesuatu yang menjengkelkan, tawarkan simpati yang tulus. Jika seseorang memberi tahu Anda tentang pengalaman yang luar biasa, refleksikan kegembiraan.

3. Tindak lanjut

sosial
Selalu memfollowup aktivitas teman. (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Ini adalah kesempatan yang terlewatkan oleh kebanyakan orang. Jika seseorang memberi tahumu bahwa mereka akan menghadapi ujian, tanyakan bagaimana hasilnya. Jika Anda tahu mereka pergi berlibur, tanyakan bagaimana kabarnya. Melakukan hal ini dapat memberimu poin yang signifikan karena artinya kamu peduli.


4. Temukan kesamaan

sosial
Mencari kesamaan agar terkoneksi dilakukan oleh emua orang. (Foto: Pexels/ELEVATE)

Orang terhubung dengan orang lain yang mirip dengan mereka atau yang memiliki minat dan pendapat yang sama. Untuk itu ketika bertemu orang yang tidak kamu kenal dengan baik atau baru pertama kali bertemu, cobalah untuk menemukan minat, hobi, opini, selera film, musik atau apa pun yang dapat membuat jaringan ikat di antara kalian.

5. Memanfaatkan bahasa tubuh

sosial
Pakailah gesture sebagai afirmasi. (Foto: Pexels/Craig Adderley)

Tawarkan jabat tangan yang kuat, lakukan kontak mata, tersenyum, berdiri, atau duduk dengan postur terbuka (misalnya, lengan ke samping daripada dilipat di depan dada) dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, mengangguk ketika seseorang berbicara untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan ke mereka. Bahasa tubuh seseorang secara tidak sadar menambah kesan. (avia)

Baca Juga:

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH