Ketika Warna Kotoran Kamu Hijau, Normalkah? Sesekali warna kotoran manusia hijau (Foto: Pexels/ Hillary Halliwell)

NORMALNYA, kotoran manusia berwarna cokelat. Namun, ada beberapa kasus saat seseorang memiliki kotoran berwarna hijau. Warnanya memang bukan hijau pekat. Tapi agak sedikit tercampur warna cokelat dan hijau.

Pertanyaannya, apakah warna kotoran seperti itu sehat? Melansir Men's Health, sebenarnya warna tersebut terjadi karena sebuah proses pencernaan yang normal. Kotoran bisa menjadi warna hijau karena organ hati manusia ikut mencerna makanan.

Hati mencerna lemak yang kamu makan. Sehingga akan menghasilkan cairan kehijauan yang disebut empedu. Cairan tersebut juga sehat. Karena dapat membantu memecah lemak untuk diserap seluruh tubuh kamu.

Cairan berwarna hijau itu juga memiliki sifat anti-mikroba. Yang dapat menetralkan keasaman atau ph untuk penyerapan vitamin dan enzim. Hasil dari proses tersebut dapat membuat tubuh kamu berfungsi secara teratur.

Umumnya seluruh makanan yang dicerna tubuh akan berubah menjadi warna cokelat (Foto: Pexels/Ash)

Ada alasan mengapa kotoran manusia umumnya berwarna cokelat. Hal ini terjadi karena empedu bercampur dengan sisa-sisa makanan yang membentuk feses di usus besar. Ketika sistem perncernaan bekerja secara normal, bakteri di usus besar akan memecah empedu melalui proses yang disebut oksidasi.

Proses oksidasi ini akan membuat seluruh campuran makanan menjadi satu warna. Ya, yaitu menjadi warna cokelat. Namun, ketika empedu enggak bekerja dengan baik, maka kotoran bisa memiliki warna hijau.

Baca juga:

Awas, Ternyata Buah Bisa Membuat Kamu Sembelit

Mengonsumsi banyak sayuran hijau bisa membuat kotoranmu berwarna hijau (Foto: Pexels/Magda Ehlers)

Beberapa makanan seperti makanan pedas, kopi, dan alkohol membuat tubuh kamu bergerak maju dengan cepat melalui proses pencernaan. Apalagi jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah besar.

Pencernaan yang sehat melibatkan gangguan empedu, sehingga sebagian besar waktu, tubuh kamu akan menyesuaikan dan memperlambatnya. Usus kamu mungkin tidak merespon makanan ini dengan cara yang sama setiap kali. Jadi enggak perlu khawatir dengan perubahan warna kotoran sesekali.

Meskipun begitu, ada faktor lain yang membuat warna kotoran bisa menjadi berwarna hijau. Misalnya karena banyaknya asupan sayuran hijau yang di konsumsi. Seperti bayam, kangkung, mentimun, hingga buah berwarna hijau seperti alpukat dan kiwi.

Kesimpulannya enggak masalah jika sesekali warna kotoran kamu hijau. Apalagi jika kamu memang mengonsumsi banyak sayuran hijau Terksetiap harinya. Namun, jika kamu sering menemukan kotoran kamu berwarna hijau. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH