Ketika Petualangan dan Panorama Hijau Bertemu di Green Canyon Pangandaran Green Canyon, primadona wisata di Pangandaran. (foto: Instagram @new_chien)

WARGA sekitar menamai tempat ini sebagai Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah. Barulah pada 1993, seorang warga Prancis menyematkan nama Green Canyon pada ngarai indah ini. Kini, Green Canyon jadi primadona destinasi wisata di Pangandaran, Jawa Barat.

1. Panorama menghijau di tebing-tebing curam

green canyon, pangandaran
Tumbuhan hijau menghiasi dinding batu ngarai. (foto: Instagram @gabiandtheworld)


Bukan tanpa alasan Cukang Taneuh dinamai Green Canyon. Bentuk ngarai ini amat mirip dengan Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Bedanya, ngarai yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ini punya panorama asri menghijau.

Saat menyusuri aliran sungai di antara tebing ngarai ini, kamu bisa melihat tumbuhan hijau menghiasi dinding batu indah, hasil pahatan alam selama bertahun-tahun. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun.

Aliran itu menembus gua dengan stalaktit dan stalagmit yang memesona. Aliran itu kemudian diapit dua bukit dengan bebatuan yang berhiaskan rerimbunan pepohonan. Benar-benar sebuah atraksi alam yang khas dan menantang.

2. Bertualang body rafting di Green Canyon

body rafting, green canyon
Nikmati bertualang body rafting di aliran sungai di Green Canyon. (foto: Instagram @zeinulfaqih)


Sungai yang mengalir di tengah ngarai menjadi daya tarik bagi pencinta wisata petualangan. Arus sungai di Green Canyon biasanya dijadikan tempat melakukan body rafting. Kamu bisa menjajal body rafting yang dipandu operator setempat. Kamu bisa mengajak minimal 10 teman untuk body rafting.

Tenang, akan ada dua pemandu yang mendampingi petualangan body rafting. Durasi setiap aktivitas body rafting ialah 3-4 jam. Petualanganmu akan dimulai dari hulu Sungai Cijulang untuk kemudian menempuh jarak pengarungan sejauh 5 km.

Pilihan lain, kamu bisa mencoba semi-body rafting. Perjalanan semi-body rafting dimulai dari dermaga Ciseurueh dengan perahu wisata hingga Green Canyon. Setelah itu, kamu bisa berenang di sekitarnya sekitar 500 meter dengan durasi kurang dari 1 jam.

Yang mana pun pilihanmu, panorama hijau mengagumkan akan menemani selama perjalananmu. Indah.

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH