Ketika Pedagang Batik Pasar Klewer Beraksi Bak Peragawati  Para pedagang batik di Pasar Klewer, Solo unjuk gigi bak peragawati di atas karpet merah, Senin (2/10). (MerahPutih.com/Win)

MerahPutih.com - Lima perempuan ayu mengenakan kain batik beraneka corak berlenggak lenggok bak peragawati di karpet merah. Tak pelak lagi aksi yang berlangsung di depan Pasar Klewer itu menjadi tontonan warga.

Kelima perempuan yang tampil memeragakan kain batik bukan model profesional, melainkan pedagang batik. Aksi itu pun dilakukan di jalanan, tepatnya di jalan Dr Radjiman, Solo yang disulap bak catwalk.

Meski demikian, mereka mampu menampilkan keanggunan dengan kain batik. Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Batik Nasional.

Muflikatin, salah seorang pedagang batik di Pasar Klewer yang turut ambil bagian dalam acara, mengaku tidak berlatih lama untuk berlenggak-lenggok di atas karpet. Untuk persiapan tampil sekitar 20-an menit itu, ia hanya berlatih sekali.

“Latihannya sekali, terus malamnya gladi bersih, langsung tampil hari ini,” jelasnya di lokasi, Senin (2/10). Sedangkan untuk persiapan kostum dan make-up, dilakukan sejak pagi, yakni pukul 05.00 WIB.

Dalam peragaan kain batik itu, Muflikatin memamerkan motif batik jenis Pisang Bali. (*)

Artikel ini dibuat berdasarkan laporan Win, kontributor Merahputih.com wilayah Solo dan sekitarnya. Simak berita lain dari Win di: Ini Dia Motor Antik Kesayangan Gesang



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH