Ketika Para Relawan Menyalurkan Bantuan di Tengah Pandemi Corona

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 13 April 2020
Ketika Para Relawan Menyalurkan Bantuan di Tengah Pandemi Corona
Sejumlah relawan dari Yayasan Indonesia hijau salurkan bantuan ke masyarakat terdampak virus Corona (Foto: Istimewa)

PANDEMI virus Corona membuat berbagai macam pihak tergerak untuk menjadi relawan. Mereka selalu siap untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Contohnya seperti para relawan dari Yayasan Indonesia Hijau.

Yayasan tersebut menggerakkan relawan komunitas yang berada di bawah naungannya seperti Aksi Bahagia Berbagi (ABHI), Rumah Peduli, Charity Of Children Education, dan Sekolah Bersama untuk tetap produktif menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Baca juga:

Cegah Hoaks, Instagram akan Hapus Akun Tidak Resmi yang Sebarkan Konten COVID-19

Mereka bergerak menggunakan dana patungan dari para relawan, donasi dari para donatur, dan dukungan dana PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) dari PT. Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo). Demikian menurut berita pers yang diterima merahputih.com.

Mereka bergerak menggunakan dana patungan (Foto: Istimewa)

Kegiatan pembagian makanan sehat dan sembako ini berlangsung setiap hari Jumat mulai dari tanggal 10 April hingga 8 Mei 2020. Sepanjang masa tersebut, relawan Yayasan Indonesia Hijau akan menyalurkan 2.000 kotak makanan sehat dan 600 paket sembako.

"Kami tidak hanya membantu masyarakat binaan, tetapi kami juga berupaya bisa menebar kebermanfaatan untuk masyarakat lain yang membutuhkan, seperti pedagang kecil, pengemudi ojek online, sopir angkutan umum, dan sebagainya," jelas Andri Syahroni selaku Ketua Umum Yayasan Indonesia Hijau.

Baca Juga:

Ini yang Bisa Dilakukan Penggemar Otomotif Selama #DiRumahAja

Selama kegiatan pembagian sembako, para relawan pun dipastikan mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seperti tetap menjaga jarak (physical distancing). Mereka juga mengenakan Alat Pelindung Diri yaitu masker dan sarung tangan plastik. Bantuan diberikan langsung ke penerima untuk meminimalisir kerumunan.

Bantuan diberikan langsung ke penerima untuk meminimalisir kerumunan (Foto: Istimewa)



Para relawan pun mengaku ingin terlibat kegiatan ini karena merasa iba dengan individu yang harus menghidupi keluarganya di tengah pandemi.

"Seorang bapak harus menghidupi anak istrinya bahkan kadang mengesampingkan kebutuhannya sendiri. Seorang ibu yang mungkin harus menjadi tulang punggung keluarg," jelas Agustina Dwi Handayani, Relawan ABHI yang juga merupakan fellow Bakrie Center Foundation dalam program Lead Indonesia tahun 2018. (ikh)

Baca Juga:

Hanya Butuh 3 Cara, Lansia Mampu Cegah Virus Corona

#April Bergerilya #Virus Corona #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan