Perjuangan Robbie Suharlim dan Ketika Media Sosial Selamatkan Nyawa Anak Manusia

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 19 April 2018
Perjuangan Robbie Suharlim dan Ketika Media Sosial Selamatkan Nyawa Anak Manusia
Sejumlah musisi tampil di acara charity LIFT untuk Robbie Suharlim. (foto: Instagram)

MEDIA sosial tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat millenial. Keberadaannya dianggap penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Fungsinya tak hanya untuk menunjukkan eksistensi, tetapi juga menjadi gudang informasi. Dari media sosial, suatu informasi dengan mudahnya menjadi viral, entah itu sesuatu yang unik atau penting.

Apabila dimanfaatkan dengan bijak, informasi yang diviralkan di sosial media dapat menolong nyawa orang lain. Hal tersebut dirasakan seorang fotografer profesional, Robbie Suharlim. Melalui akun pribadinya, Robbie membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin difoto olehnya dengan bayaran berapa pun demi pengobatan putra semata wayangnya, Roberto Raphael Suharlim. Putranya tersebut mengidap penyakit autoimun langka, yakni sindrom Guillain- Barré.

Cerita menyentuh Robbie yang viral bermula dari sebuah unggahan di aku Instagram. Dalam unggahan itu ia menyebut bersedia bekerja asalkan dibayar di muka. Pasalnya, ia butuh dana untuk kesembuhan sang putra.

Seketika, unggahan pada 11 April tersebut mendapat simpati ribuan warganet. Tak hanya itu, unggahan Robbie juga di-repost ratusan akun media sosial, baik akun pribadi maupun akun gosip terkenal di Indonesia. Ia bahan tak menyangka unggahan tersebut akan viral.

Nyatanya, hal tersebut sampai pula ke telinga beberapa musisi yang pernah bekerja sama dengannya, seperti Andien, NTRL, Ipank, Andra and The Backbone, juga Disco Pantera.

Rekan setimnya berinisiatif mengajak para musisi tersebut untuk menggalang dana demi si kecil Rafa. Para musisi tersebut bersedia mengisi acara tanpa bayaran sepeser pun.

Rafa dan gambar musisi yang dibuatnya. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Meski awalnya menolak, Robbie akhirnya menerima uluran tangan para sahabatnya. Ia bahkan menghadiri acara penggalangan dana yang berlangsung meriah di bilangan Kemang, Rabu (18/4). Tak hanya itu, Rafa yang tengah terbaring sakit pun turut 'hadir' melalui sambungan video call. Wajah tampan bocah kelas 6 SD tersebut terlihat semringah dengan senyum yang tak pernah lepas dari wajahnya.

Sebagai permintaan maaf karena tak bisa hadir, Rafa membuat lukisan para pengisi acara tersebut.

"Gua di sini hadir sebagai tamu. Asli gua clueless banget. Tiba-tiba aja gua dikasih pamflet sama temen gua," cerita Robbie.

andien
Andien lelang lagu Gemintang. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Salah satu musisi yang pernah bekerja sama dengan Robbie, Andien, memang tak mengenal Robbie secara personal. Kendati demikian, ia bersedia hadir sebagai pengisi acara karena tahu perasaan Robbie sebagai sesama orangtua. Ia mengungkapkan bahwa ia justru tahu kabar tentang Rafa setelah informasi tersebut viral di media sosial.

"Anak usia delapan tahun tiba-tiba terserang penyakit yang kita tidak tahu dan membutuhkan biaya yang tak sedikit, apa rasanya," tutur Andien.

Selama bernyanyi, tatapan Andien tak lepas dari layar yang memampang wajah Rafa.

"Ini buat kamu, Rafa," demikian ucap Andie beberapa kali, seolah Rafa bisa mendengar ucapannya.

Meski tak hadir, Rafa membuat gambar para penampil. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Selain para musisi yang pernah bekerja sama dengan Robbie, hadir pula Irgi Ahmad Fahrezi sebagai host pada acara penggalangan dana malam itu.

Irgi mengaku tak mengenal Robbie secara personal. Meski demikian, ia menunjukkan rasa pedulinya dengan bersedia menjadi pembawa acara pada penggalangan dana untuk Rafa. Ia mengetahui informasi tentang penyakit autoimun Rafa yang langka dari media sosial.

"Sebagai seorang suami dan ayah dari tiga orang anak, gua bisa membayangkan seperti apa perasaan Robbie," ucapnya ketika ditemui di acara penggalangan dana untuk Rafa yang bertajuk Living in Faith Together tersebut.

Irgi Fahrezi memandu acara Living in Faith Together. (foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Hal itu pula yang menggugah hatinya hingga bersedia menjadi pembawa acara tanpa biaya sepeser pun.

"Gua terima kasih banyak atas kesediaannya menjadi host yang kalau harus bayar entah gua kayaknya enggak mampu bayar deh," balas Robbie dengan sedikit bercanda.

Pada kesempatan tersebut, Irgi bahkan melakukan tindakan spontan berupa melelang lagu yang akan dinyanyikan pengisi acara. Lelang tersebut dimulai saat Andien tampil sebagai pembuka.

"Tanpa bermaksud kurang ajar nih, Ndien, gua boleh enggak, lelang satu lagu lu untuk Rafa," tanya Irgi di atas panggung kepada Andien.

Andien pun menyambut dengan antusias. Salah satu lagu Andien berjudul Gemintang akhirnya laris dengan Rp 1 juta.

Selain musisi, hadir pula penyintas autoimun, Tiara Savitri dan Herlina Soemitro. Keduanya hadir memberi dukungan untuk Robbie.

Berkali-kali Robbie berterima kasih dan terus mengucapkan syukur, baik bagi pengisi acara hingga yang hadir pada acara tersebut.

Viralnya informasi tentang penyakit autoimun sindrom Guillain-Barré yang dialami Rafa tak hanya mengundang simpati para pengisi acara dan hadirin di Living in Faith Together, hal tersebut juga membawa berkah bagi Robbie dan Rafa. Setelah unggahannya menjadi viral, dalam sehari ia bisa menerima orderan foto hingga tiga sekaligus.

"DM gua aja sampe meledak hingga ribuan pesan. Gua berasa (seperti) Awkarin," tukasnya jenaka.(Avi)

#Robbie Suharlim
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan