Ketika Mantan Menkominfo Sebarkan Foto Hoax, Begini Penjelasannya

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 04 September 2017
Ketika Mantan Menkominfo Sebarkan Foto Hoax, Begini Penjelasannya
Tifatul bersama pengungsi Rohingya. (Twitter @tifsembiring)

MerahPutih.com - Mantan Menkominfo Tifatul Sembiring tengah mencuat namanya di media sosial lantara foto hoax. Tifatul disebut-sebut telah salah memposting foto-foto tentang kekerasan Rohingya, Myanmar, yang sebetulnya foto dari peristiwa lain.

Tifatul Sembiring mengunggah foto-foto kontroversi tersebut melalui Twitter. Belakangan, Tifatul menghapusnya dan kemudian meminta maaf. Foto tersebut diketahui merupakan peristiwa di Thailand tahun 2014.

Melalui akun Twitter-nya, Tifatul menyatakan menghapus foto yang telah diunggahnya. Ia mengatakan bahwa foto tersebut salah satu dari banyak foto kiriman kepadanya.

"Ok saya hapus 1 foto itu, walaupun saya dikirimi puluhan foto2 sadis, termasuk korban anak2 Rohingya yg dibunuh..." cuit anggota Komisi III DPR itu.

Tifatul yang mempunyai pengukut 1,4 juta di Twitter itu memberikan penjelasan terkait Rohingya dalam beberapa cuitan. Selain itu ia mengunggah sebuah foto ketika bersama pengungsi Rohingya, namun tidak disebutkan kapan dan di mana foto tersebut diambil.

Tifatul juga memposting berita-berita internasional tentang Rohingya. Ia berpendapat bahwa apa yang terjadi di Rakhine, Myanmar, adalah sebuah tragedi kemanusiaan. Politisi PKS itu juga menyebut dalam cuitannya bahwa telah terjadi genosida.

Terkait foto hoax yang diunggahnya, Tifatul meminta maaf. Pernyataan maaf salah satunya disampaikan olehnya ketika bertemu wartawan di Kompleks DPR.

Netizen banyak menanggapi foto hoax yang diunggah Tifatul dan mendesak permintaan maaf. Kritikan salah satunya datang dari Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU) Akhmad Sahal setelah unggahan foto itu. Sahal yang di-mention oleh Tifatul dalam foto tersebut menyertakan foto lain yang sama namun dengan keterangan foto berbeda.

Sahal mencuit, "Pak @tifsembiring sempet share foto hoax ttg Rohingya dgn mensyen saya ya. Ga cukup hanya delete. harusnya minta maaf juga, Pak." Sang Mantan Menkominfo akhirnya meminta maaf. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ratusan Warga Bengkulu Antusias Bantu Etnis Rohingya

#Pengungsi Rohingya #Tifatul Sembiring
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan