Ketika Malioboro Seharian Bebas Kendaraan Bemotor Jalan Malioboro. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Uji Coba Malioboro bebas kendaraan diberlakukan pada Selasa (17/6). Kendaraan bermotor pribadi dilarang masuk ke Malioboro mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

Rekayasa lalu lintas diberlakukan sejak pukul 06.00 wib. Para petugas nampak berjaga-jaga dibeberapa lokasi akses masuk ke Malioboro seperti pos Teteg, jalan Mataram, sirip gang di kawasan Malioboro, dan Jalan Pasar kembang. Mereka mengarahkan kendaraan bermotor yang hendak masuk ke Malioboro ke jalan lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto menjelaskan rute lalu lintas di Malioboro tidak banyak berubah saat penerapan uji coba ini.

“Tidak banyak berubah. Sirip-sirip gang hampir sama (rute lalu lintasnya),” ujar Sigit di Malioboro, Selasa (18/6).

Jalan Sosrowijayan tetap akan satu arah dari barat ke Timur. Sementara Jalan Dagen akan dibuat satu arah dari Timur ke Barat. Jalan Suryaatmajan yang berada disamping kantor Kepatihan dapat dilintasi kendaraan dari arah Barat ke Timur. Namun, kendaraan tidak bisa melintas dari Barat ke Timur di Jalan Suryaatmajan.

BACA JUGA: Hobi Menyelam? Inilah Taman Bawah Laut Terbesar di Dunia

“Jadi dari Suryaatmajan bisa langsung dari Barat ke Timur, lalu lurus ke Jalan Pajeksan,” jelasnya.

Sementara Jalan Perwakilan yang berada di samping kantor DPRD tetap diberlakukan satu arah dari timur ke barat. Kendaraan yang hendak menuju Gedung Agung bisa melewati jalan Pabringan yang berada di samping Pasar Beringharjo ke arah barat melewati jalan Reksobayan.

jogja
Arus lalu lintas seputaran Malioboro. (Foto: ist)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Haryo Yudho menjelaskan pihaknya sudah memasang rambu petunjuk jalan di beberapa titik jauh-jauh hari sebelum ujicoba berlangsung.

“Ada 35 tiitk kita pasangkan tanda petunjuk jalan seperti di jalan Suryaatmajan, Jalan Pajeksan, jalan Sosorowiajayan,” kata dia.

Petugas pun disiagakan seharian full untuk mengarahkan kendaraan. Kendaraan yang boleh melintas di Malioboro hanya kendaraan umum seperti Transjogja, Becak kayuh, Delman, Damkar, ambulans dan pengangkut sampah. Hingga pukul 10.00 WIB, ia mengatakan arus lalu lintas yang menuju dikawasan Malioboro nampak lancar.

Salah seorang pengunjung Malioboro, Maris Stella merasa sedikit heran saat melihat tidak ada kendaraan melintas di Malioboro. Wanita asal Jakarta ini baru tahu jika ada uji coba bebas kendaraan di Malioboro. Ia merasakan sensasi berbeda saat tak ada mobil dan motir masuk ke Malioboro.

Wanita yang sudah lima tahun tidak mengunjungi Malioboro ini merasa Icon Yogyakarta ini jauh lebih teratur dan bersih dibandingkan dahulu.

“Malioboro terasa lebih sepi karena engga ada PKL dan kendaraan. Tapi lebih enak seperti ini. Engga ramai. Bisa bebas jalan kaki,” katanya.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Jogjakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel menarik lainnya dalam: Kini Hits, Tempat-Tempat Wisata yang Dahulunya Tambang

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH