Ketika Liverpool Akhirnya Tumbang Atletico Madrid 1-0 Liverpool (@ChampionsLeague)

MerahPutih.com - Babak 16 besar Liga Champions 2019-20 memunculkan kejutan dengan tumbangnya Liverpool di leg pertama. Juara bertahan Liverpool harus mengakui keunggulan tuan rumah Atletico Madrid, kalah dengan skor tipis 1-0.

Skuat besutan Diego Simeone mampu mengalahkan juara bertahan di Wanda Metropolitano melalui gol cepat yang dicetak Saul Niguez di menit keempat.

Baca Juga

Liverpool Berpeluang Lalui Rekor 4 Tim Juara Premier League di Kala Musim Belum Berakhir

Ketidaksiapan Liverpool mengantisipasi situasi sepak pojok saat laga belum genap berlangsung empat menit sukses dimanfaatkan tuan rumah untuk mencuri keunggulan lewat sontekan dingin Saul Niguez di hadapan muka kiper Alisson Becker.

Atletico menang dengan gaya main mereka yang identik di era Diego Simeone, rasional, efisien, efektif, sekaligus prakmatis. Los Rojiblancos hanya memiliki penguasaan bola 27 persen.

simeone
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. (AP/Francisco Seco)

Namun, wakil Spanyol itu mampu membukukan tujuh percobaan tendangan dan dua di antaranya tepat sasaran. Fakta yang jauh berbanding terbalik dengan Liverpool yang mendominasi penguasaan bola sebesar 73 persen, melepaskan delapan percobaan tendangan, tetapi tidak ada satupun yang tepat sasaran.

Unggul segala-galanya dalam penguasaan bola, kecuali dalam urusan mencetak gol, Liverpool harus rela tumbang di leg pertama saat wasit meniup peluit akhir. Meski kalah, peluang The Reds mempertahankan Piala Champions Eropa bukan berarti pupus.

Sang juara bertahan tak serta merta bisa dianggap tersingkir dari babak 16 besar, sebab tiga pekan mendatang mereka akan berganti menjamu Atletico di Anfield. Stadion yang punya daya magis membantu mereka menorehkan kisah remontada gemilang musim lalu atas kubu Spanyol lainnya, Barcelona, setelah sempat tertinggal 3 gol di leg pertama.

Baca Juga:

Diego Simeone: Dalam Sepak Bola Banyak Hal yang Bisa Terjadi

Susunan pemain:

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Sime Vrsaljko, Felipe, Stefan Savic, Renan Lodi; Saul Niguez, Koke, Thomas Partey, Thomas Lemar (Marcos Llorente); Alvaro Morata (Vitolo), Angel Correa (Diego Costa)
Pelatih: Diego Simeone

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Jordan Henderson (James Milner), Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (Alex Oxlade-Chamberlain), Roberto Firmino, Sadio Mane (Divock Origi)
Pelatih: Juergen Klopp

(*/Bolaskor.com)

Baca Juga:

Liverpool 3 Kali Kalah Tandang, Klopp Kehilangan 'Mojo'



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH