Ketika Lightsaber Mewarnai Kabuki Seni Kabuki Jepang mulai menampilkan tema pop. (foto: allabout japan.com)

SENI Kabuki sudah menjadi dikenal masyarakat Jepang sejak 1600-an. Kabuki adalah kesenian tradisional asli 'Negeri Matahari Terbit'. Kesenian ini sudah menjadi salah satu ikon yang paling populer di dunia.

Sebagai kesenian tradisional, Kabuki punya peminatnya sendiri. Namun, di tangan seorang koreografer ternama, Kabuki dibuat tampil dengan budaya pop nan keren. Dengan menggabungkan seni tradisi dan elemen dari Star Wars, koreografer Ichikawa Ebizo menampilkan Kabuki berhiaskan lightsaber.

BACA JUGA: Perlombaan ke Luar Angkasa Dimulai, Adidas Melesat bersama ISS

Star Wars dari galaksi angkasa luar yang sangat jauh akan datang ke panggung teater Kabuki tradisional Jepang dalam pertunjukan satu kali di Tokyo. Pertunjukan itu digelar untuk merayakan film seri blockbuster tersebut.

Untuk merayakan perilisan seri film terakhir kisah Star Wars, Ebizo mengganti pedang samurai para aktor Kabuki lightsabers. Persis seperti yang dipakai tokoh Star Wars.

Ebizo yang merupakan koreografer dengan nama besar di dunia Kabuki Jepang akan berperan sebagai Kylo Ren, putra Han Solo, yang jatuh ke kegelapan.

Seperti dilansir Chanel News Asia, pertunjukan akan diadakan pada 28 November di Tokyo. Namun, lokasi detailnya masih dirahasiakan. Disney cabang Tokyo, lewat sebuah pernyataan, menjanjikan momen-momen penting dari bagian seri terbaru.
Disney mengatakan pihaknya berencana mengundang setidaknya 25 pasangan ke pertunjukan yang juga akan disiarkan secara langsung.

Menurut Ebizo, Kabuki Star Wars akan menampilkan cerita cinta dan kisah sedih keluarga Skywalker yang sudah berjalan lebih dari 40 tahun. Itu akan menjadi pertunjukan yang banyak dinikmati penggemar Kabuki dan Star Wars.

kabuki
Ichikawa Ebizo akan memerankan Kylo Ren. (foto: Instagram @
ebizoichikawa.ebizoichikawa)

Kisah multi-generasi klan Skywalker telah fenomena global, tidak terkecuali Jepang, terutama penggemar yang amat mengingat trilogi asli yang dirilis pada 1970 dan 1980. Film Star Wars terbaru, yang akan ditayangkan bioskop mulai 20 Desember, menjadi episode terakhir dari epik Star Wars yang dimulai empat dekade lalu.

Tak banyak yang tahu Star Wars dan Jepang saling memengaruhi selama bertahun-tahun. Direktur JJ Abrams mengatakan retakan topeng Ren terinspirasi dari seni Jepang, Kintsugi. Retakan itu diperbaiki dengan perak atau emas dan tetap diperlihatkan.

Adaptasi Star Wars pada Kabuki bukan kali ini saja dilakukan. Tema-tema baru untuk lebih banyak menarik penonton, semisal mengadaptasi buku-buku komik populer dan karya-karya lain dilakukan demi menarik penonton generasi baru.

Bentuk seni yang penuh dengan sejarah ini sering dikaitkan dengan kimono ini mulai mengadaptasi komik populer, seperti One Piece dan Naruto. Itu merupakan usaha untuk melepaskan citra pengap. Bahkan, dalam beberapa pertunjukan, Kabuki memanfaatkan realitas virtual dalam penampilannya.(lgi)

Kredit : leonard


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH