Ketika Influencer Eka Fakhrama Putra Unjuk Gigi di SEA Games 2021 Vietnam Rama bagikan cerita menarik saat menjadi influencer NOC di Vietnam (Foto: dok. Eka Fakhrama Putra)

SEBELUM SEA Games 2021 Vietnam digelar, NOC Indonesia mengajak para content creator dan influencer untuk berkompetisi membuat konten video dengan tema 'Peran NOC Indonesia dalam SEA Games 2021 Vietnam' dengan durasi 1-2 Menit.

Hingga akhirnya terpilih pemenang yang mendapat kesempatan menyaksikan Tim Indonesia berlaga di SEA Games 2021 Vietnam. Pemenang yang terpilih ialah Eka Fakhrama Putra, atau yang lebih dikenal dengan Rama.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Ini Fakta Menarik Seputar SEA Games 2021

Pemilik akun instagram @rama.efp tersebut menjadi orang yang beruntung setelah videonya tentang preparation NOC untuk SEA GAmes 2021 Vietnam terpilih menjadi yang terbaik.

Rama terpilih menjadi influencer NOC yang berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam (Foto: dok. Eka Fakhrama Putra)

Pada video pendeknya, Rama mendapat banyak like dan komentar positif. Rama mengaku sangat terkejut saat mendapat kabar bahwa dia merupakan pemenangnya.

"Saya dapat kabar (menjadi pemenang) h-5," jelas Rama saat dihubungi MerahPutih.com. Dia pun berangkat ke Hanoi bersama rombongan Kontingen Indonesia dan tim official media partner kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam: MerahPutih.com.

Sebagai influencer, Rama unjuk gigi di Vietnam selama gelaran SEA Games. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Rama selama di SEA Games 2021 Vietnam adalah memberikan dukungan pada kontingen Indonesia, menghadiri kegiatan-kegiatan para atlet di Vietnam dan membuatnya dalam bentuk konten lalu diunggahnya di akun media sosial miliknya.

Tujuannya agar masyarakat Indonesia tahu apa saja keseruan di balik berlangsungnya SEA Games Vietnam yang tidak semua tercover oleh media-media mainstream.

Rama menuturkan, satu hal yang cukup menarik selama di Vietnam adalah dirinya mendapatkan kesempatan spesial seperti wawancara dan mengobrol bersama para atlet. Berdiskusi tentang apa yang diperlukan oleh atlet pada cabang olahraga mereka masing-masing.

Mendapat kesempatan langka tersebut, Rama mengaku sangat senang. Sebab, dia merupakan pencinta olahraga dan mengikuti perkembangannya. Khususnya cabang olahraga sepak bola, futsal, badminton, dan basket.

Saat di Vietnam, Rama juga membuat beberapa konten, dari mulai preparation saat hari pertama berangkat ke Vietnam. Kemudian, pada hari kedua Rama juga membuat konten tentang cabang olahraga apa saja dan berbagai hal tentang SEA Games 2021 Vietnam.

Disela-sela aktivitasnya, Rama juga membuat konten-konten unik, seperti saat naik taksi online, dia melihat ada sejumlah driver yang memakai barang-barang branded, yang mungkin bila ada di Indonesia itu terlihat sangat keren.

Selain itu, Rama juga bertemu dengan sejumlah supporter negara lain yang mengetahui Indonesia, dan berbicara kepadanya bahwa mereka suka dengan beberapa hal tentang Indonesia.

Baca Juga:

Patahkan Dominasi Filipina Sejak 1977, Tim Basket Putra Indonesia Rebut Emas

Rama berkesempatan untuk bertemu langsung dan menyaksikan para atlet Indonesia meraih medali emas (Foto: dok. Eka Fakhrama Putra)

Tapi, diantara berbagai kegiatan tersebut, ada beberapa yang sangat berkesan bagi Rama. Yakni ketika secara langsung menyaksikan para Kontingen Indonesia meraih prestasi yang membanggakan.

"Momen dapet medali emas kontingen kita, momen menyanyikan indonesia raya di luar negeri, dan ucapan terimakasih dari atlet itu sangat berkesan bagi saya," tutur Rama.

Selain itu, momen yang sangat berkesan bagi Rama adalah saat menjadi saksi ketika Tim Basket Putra Indonesia sukses meraih posisi tertinggi di SEA Games 2021 Vietnam.

"Itu momen dimana kita akhirnya mendapatkan medali emas di cabang olahraga basket, karena sudah lama sekali medali emas basket diambil oleh Tim Filipina (sejak 1977). Hingga akhirnya kita bisa merebut emas di cabor basket putra. Itu menjadi momen yang tidak terlupakan," tambah Rama.

Rama menjelaskan, bahwa dia menonton pertandingan tim basket putra Indonesia dari awal sampai akhir. Saat itu para petinggi NOC pun turut menyaksikan pertandingan. Hingga akhirnya dia mendapat sebuah momen yang sangat menarik dari para atlet Indonesia.

"Saya abadikan pakai kamera saya saat mereka meraih medali emas, saya juga bisa bersalaman dan memberikan selamat para atlet Indonesia. Itu jadi momen yang mungkin hanya bisa saya dapatkan di momen kemarin di Vietnam," tuturnya.

Melihat unggahan Rama, para followersnya di Instagram pun memberikan beragam respon yang positif, bahkan interaksinya jauh lebih banyak dari unggahan Rama selain momen SEA Games.

"Interaksinya lumayan ramai, di DM ramai banget seru banget, insight-nya good banget lah, jangkauannya gede banget. Aku ngerasa mereka lumayan mantengin aku, story aku yang sampai titik-titik view-nya sangat stabil," jelas Rama.

Rama meraskan berbagai momen yang luar biasa di SEA Games 2021 Vietnam (Foto: dok. Eka Fakhrama Putra)

Bahkan, saking hebohnya, banyak followers Rama yang meminta titip salam pada atlet, dan bertanya-tanya tentang atlet Indonesia. Rama mengaku tidak menyangka bahwa respon followersnya sangat luar biasa, dan hype-nya sampai ke Indonesia. Rama merasa para followersnya seperti sangat dekat dengan dirinya.

"Mereka tuh (para followers) DM ke saya minta tolong buat salam-salam, disitu tuh saya merasa seperti ternyata banyak pencinta olahraga Indonesia yang care sama atletnya. Mungkin mereka enggak tau caranya mention atletnya langsung atau agar unggahannya direpost atau dibaca," ujarnya.

Setelah mendapatkan pengalaman yang begitu luar biasa di SEA Games 2021 Vietnam, Rama berharap semoga kedepannya NOC serta Kontingen Indonesia semakin berjaya di kancah multievent Internasional. (Ryn)

Baca Juga:

Lagu SEA Games 2021 Ceritakan Kebanggaan Saat Vietnam Jadi Tuan Rumah 2003

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jonatan Christie, Jagoan Bulu Tangkis Nan Kharismatik
Olahraga
Jonatan Christie, Jagoan Bulu Tangkis Nan Kharismatik

Profil Jonatan Christie, salah satu atlet bulu tangkis terbaik Indonesia.

ISG 2021: Indonesia Tempati Peringkat Keenam Klasemen Sementara
Olahraga
ISG 2021: Indonesia Tempati Peringkat Keenam Klasemen Sementara

Kontingen Indonesia terus berjuang dalam Islamic Solidarity Games 2021 yang berlangsung pada 9-18 Agustus di Konya, Turki.

Laga Terakhir Seri 2 Liga 1, Persib Fokus Jaga Mental
Olahraga
Laga Terakhir Seri 2 Liga 1, Persib Fokus Jaga Mental

Laga melawan Persela Lamongan akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis 4 November 2021.

Dewa United FC Promosi ke Liga 1, Tommy Hermawan Lo: Sangat Bahagia Sekali
Olahraga
Dewa United FC Promosi ke Liga 1, Tommy Hermawan Lo: Sangat Bahagia Sekali

"Sangat bahagia sekali, ya. Setelah 11 bulan perjuangan kami di bulan Januari sampai mulai dari pemilihan pelatih sampai semuanya kami sangat bahagia sekali untuk kemenangan ini," kata Tommy Hermawan Lo

Ketua NOC Sebut Timnas U-23 Buat Rakyat Indonesia Bangga
Olahraga
Ketua NOC Sebut Timnas U-23 Buat Rakyat Indonesia Bangga

Raja Sapta Oktohari mengaku bangga akan prestasi timnas U-23

SEA Games Harus Dijadikan Batu Loncatan Atlet Demi Prestasi lebih Tinggi
Olahraga
SEA Games Harus Dijadikan Batu Loncatan Atlet Demi Prestasi lebih Tinggi

Ketua National Olympic Committe ( NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari langsung bergerak cepat usai mendapatkan hasil terkini kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam. Menurut Okto, SEA Games jadi ajang tepat untuk mengevaluasi kinerja program pelatihan di cabang olah raga. Sebab, masih ada multievent lain seperti SEA Games 2023, Asian Games 2023, Olimpiade Paris 2024 dan Islamic Solidarity Games.

Menit Terakhir Babak Pertama, Singapura Dapat Kartu Merah dan Samakan Kedudukan
Olahraga
Menit Terakhir Babak Pertama, Singapura Dapat Kartu Merah dan Samakan Kedudukan

Singapura harus bermain dengan 10 pemain usai Safuwan Baharudin mendapat kartu kuning kedua, karena menyikut Rizky Ridho.

ASEAN Para Games 2022 di Solo Resmi Ditutup
Berita
ASEAN Para Games 2022 di Solo Resmi Ditutup

"Terima kasih telah memberikan pesan, bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi," kata Jokowi.

Target Terlampaui, Tim Rowing Indonesia Panen Medali Emas SEA Games
Olahraga
Target Terlampaui, Tim Rowing Indonesia Panen Medali Emas SEA Games

Duet atlet rowing Indonesia, Jefri Ardianto Suwarno/Rio Riski Darmawan, meraih medali emas pada nomor men's lightweight pair SEA Games 2021 Vietnam.

Hasil Matchday Pertama Liga Europa: Lazio Tumbang, Leicester City Imbang
Olahraga
Hasil Matchday Pertama Liga Europa: Lazio Tumbang, Leicester City Imbang

Matchday pertama penyisihan grup Liga Europa sudah digelar mulai Rabu (15/9) sampai Jumat (17/9) dini hari WIB. Berikut hasilnya.