Teknologi

Ketika Baby Yoda Jadi Penyusup di Roket Falcon 9

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 20 November 2020
Ketika Baby Yoda Jadi Penyusup di Roket Falcon 9
The the mandalorian.(Foto: unsplash/michael marais)

NASA menambahkan satu penumpang lagi pada misi crew-1 yang saat ini dalam perjalanan menuju stasiun luar angkasa atau ISS. Penambahan personel itu mengejutkan semua orang. Terlebih dilakukan di last minute. Tenang, penumpang kecil itu tak butuh persiapan banyak mengingat ia adalah The Child (Bayi Yoda).

Bukan tanpa alasan bayi Yoda dibawa. Ada fungsinya buat Misi Crew-1. Seperti dilansir Techrunch, bayi Yoda tersebut merupakan boneka yang digunakan sebagai alat indikator gravitasi. Biasanya boneka tersebut akan dibiarkan melayang bebas di kabin roket luar angkasa untuk memberikan konfirmasi bahwa pesawat sudah keluar dari orbit Bumi. Sederhana, tapi cara ini efektif untuk mengukur gravitasi tidak lagi dirasakan di pesawat.

BACA JUGA:

Peta Baru Among Us Rilis Bulan Depan, Hadirkan Nuansa Kokpit

Empat astronaut yang akan menuntaskan misi Crew-1 berasal dari NASA, yakni Michael Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker, sedangkan satu astronaut berasal dari JAXA, yakni Soichi Noguchi. Mereka akan menjalankan misi selama enam bulan di ISS. Ini merupakan misi pertama NASA atas dukungan SpaceX, yang memfasilitasi Falcon 9 dan pesawat luar angkasa Crew Dragon untuk penerbangan manusia awal tahun ini.

Space X
Bayi Yoda ikut penerbangan Falcon 9. (Foto: NASA)

Bayi Yoda merupakan salah satu karakter yang hadir pada salah satu serial film Star Wars The Mandalorian. Bayi Yoda mencuri hati lewat debutnya di acara streaming asli Disney itu, tahun lalu. Tokoh bayi Yoda menjadi salah satu magnet pada film ini karena bisa melihat Yoda versi muda. Figur imut ini dikenal kerap dimarahi karena mengotak-atik kontrol pada pesawat ruang angkasa Mandalorian. Namun, semoga saja hal tersebut tidak akan terjadi pada penerbangan Crew-1.

bayi yoda
Bayi Yoda ikut ke angkasa luar.(Foto: Unsplash/Jimmy Nguyen)

Ini bukan boneka pertama yang ikut dalam misi ke angkasa luar. Sebelumnya, pada misi luar angkasa manusia pertama SpaceX, uji terbang Demo-2 yang berlangsung awal tahun ini, dinosaurus Ty Flippable yang disebut Tremor dengan cepat terbang dari rak mengikuti kejenakaannya sendiri yang mengambang bebas. Selain itu, pada peluncuran CST-100 Starliner, mereka juga membawa boneka Snoopy dengan kostum astronaut.(Ajr)

BACA JUGA:

Parents, Bentuk Mental Juara pada Anak dengan Pola Asuh Tepat

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan