Ketika Anak Ingin Menjadi Influencer, Buka Kondisi Sesungguhnya Orangtua harus berbicara dengan anak untuk membantu mereka menyadari dunia nyata di balik influencer. (freepik/freepik)

INFLUENCER sekarang menjadi salah satu jalur karier yang paling diinginkan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jajak pendapat yang dilakukan oleh Morning Consult menemukan bahwa 54 persen warga AS berusia 13 hingga 38 tahun mau menjadi influencer jika diberi kesempatan.

Sementara, penelitian Harris Poll terhadap 3 ribu anak menemukan bahwa di AS dan Inggris, jika memilih antara guru, atlet profesional , seorang musisi, astronot, atau YouTuber, hampir 30 persen menempatkan YouTuber sebagai pilihan utama mereka.

Baca Juga:

Manfaat Positif Sentuhan Fisik Setiap Hari Agar Anak Merasa Damai

anak
Banyak orangtua merasa tidak nyaman dengan pilihan anak-anak mereka menjadi influencer. (freepik/freepik)

Namun, banyak orangtua merasa tidak nyaman dengan pilihan anak-anak mereka itu. Ada yang beralasan tidak enak harus memonetisasi anak. Selain itu, mereka juga tidak ingin membuat jejak digital yang tidak dapat dihapus. Belum lagi mengenai data digital yang dapat mengumpan lebih banyak informasi kepada perusahaan besar seperti Google atau Facebook tentang anak-anak mereka.

Salah satu orangtua yang tidak senang dengan pilihan anaknya untuk menjadi influencer adalah seorang profesor media baru Benjamin Burroughs di Universitas Nevada Las Vegas. Dia mulai mempelajari dunia anak-anak influencer yang menarik, menguntungkan, dan terkadang dipertanyakan secara etis.

Lalu, di manakah garis antara membuat keputusan yang aman, terinformasi dan menghancurkan impian anak?

“Di satu sisi, orangtua bisa bertanya, ‘Mengapa saya harus menahan kreativitas anak saya? Mereka ingin berbagi sesuatu dengan dunia,’ tapi kemudian ketika itu menjadi pekerjaan, di situlah hal itu menjadi area abu-abu,” kata Burroughs seperti diberitakan Vox.

Baca Juga:

Mengapa Orangtua Sebaiknya Jadi 'Sahabat' bagi Anak Remaja?

anak
Ketika menjadi influencer akan ada banyak tantangan berat yang harus dihadapi secara daring dan luring. (Pexels/Anna Shvets)

Mengatur strategi dan memberi pengertian

Dia merekomendasikan untuk memikirkan paparan seperti apa yang ingin kamu dan anak hadapi dan kemudian mengatur strategi. “Apakah wajah anak itu akan ada di kamera? Apakah mereka melakukan sulih suara? Apakah kamu menampilkan pekerjaan yang telah mereka lakukan, seperti animasi? Saya akan menempatkan ini dalam kategori yang berbeda,” katanya.

Meskipun begitu banyak anak yang ingin menjadi influencer, akan ada banyak tantangan berat yang harus dihadapi bukan hanya dari dunia digital yang maha luas. Teman sebayanya yang memiliki cita-cita sama akan memiliki ekspektasi tinggi jika ada teman lain yang memilih menjadi influencer.

Baik itu kepada influencer populer atau tidak, ada komentar yang datang secara konstan tak terelakkan, baik daring maupun luring.

Sebaiknya, orangtua calon influencer memastikan bahwa anak-anak mereka tidak berpikir akan langsung menjadi terkenal. Atau, jika mereka pun terkenal, hal itu tidak akan bertahan selamanya.

Bahkan jika mereka benar-benar mendapatkan jackpot algoritmik, penting agar influencer tidak menjadi profesi seumur hidup anak-anak. Profesi tersebut menjadi semakin kompetitif dengan ruang yang makin sempit

Ketika mahasiswa baru Burroughs memasuki ruang kelas, banyak dari mereka mengatakan bahwa mereka ingin menjadi pemberi pengaruh. Tertarik oleh gaya hidup menguntungkan yang dibayangkan untuk bersenang-senang, membuat jadwal sendiri, dan mendapatkan barang gratis.

Namun, satu analisis tahun 2018 menunjukkan bahwa 85 persen lalu lintas YouTube masuk ke hanya tiga persen kanalnya, dan lebih dari 96 persen YouTuber berpenghasilan kurang dari garis kemiskinan federal AS.

Sekalipun uang bukanlah motivasi, wajar jika anak-anak akan mengidentifikasi dan mengidolakan seorang anak yang mirip dengan mereka, bermain dengan mainan di layar.

Burroughs memperingatkan bahwa terlalu mengidentifikasi diri dengan influencer dapat membuat anak-anak memiliki ekspektasi yang salah tentang seperti apa kehidupan nyata itu.

Orangtua harus berbicara dengan anak-anak mereka untuk membantu mereka menyadari bahwa mereka sedang melihat iklan pemasaran melalui influencer. Jangan sampai kehidupan influencer yang terus-menerus membuka mainan sepanjang hari, misalnya, dianggap sebagai kehidupan anak-anak yang normal. (aru)

Baca Juga:

Olahraga Bantu Kembangkan Karakter Sosial dan Keterampilan Anak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kisahkan Perjalanan Selena Gomez, 'My Mind & Me' Penuh Keharuan
ShowBiz
Kisahkan Perjalanan Selena Gomez, 'My Mind & Me' Penuh Keharuan

Mengisahkan kehidupan Gomez sebagai penyanyi dan aktris selama 6 tahun terakhir untuk menuju cahaya baru.

Diabadikan Jadi Nama Jalan, 'Kepoin' Sepak Terjang Haji Darip Jawara Betawi
Hiburan & Gaya Hidup
Diabadikan Jadi Nama Jalan, 'Kepoin' Sepak Terjang Haji Darip Jawara Betawi

Sejak kecil acap dipanggil Mad Arif lalu Madarif lantas saat dewasa menjadi Darip.

Pahami Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Jalan Kaki
Fun
Pahami Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Jalan Kaki

Berjalan kaki baik untuk kesehatan fisik dan juga kesehatan mental seseorang.

Penggunaan Smartwatch Meningkat Selama Pandemi
Fun
Penggunaan Smartwatch Meningkat Selama Pandemi

Smartwatch menjadi pilihan para masyarakat yang memperhatikan kesehatannya.

Francesco Bagnaia Jadi Juara Dunia Baru MotoGP 2022
Fun
Francesco Bagnaia Jadi Juara Dunia Baru MotoGP 2022

Akhiri puasa gelar Ducati selama 15 tahun.

Para Pemain Death on the Nile Berkumpul di Pameran Mesir
ShowBiz
Hari Ini adalah Hari Tidur Sedunia
Fun
Hari Ini adalah Hari Tidur Sedunia

Di tahun ini, slogan yang diusung adalah "Quality Sleep, Sound Mind, Happy World".

Fakta Menarik di Balik Produksi Serial Drama 'Island'
ShowBiz
Fakta Menarik di Balik Produksi Serial Drama 'Island'

Serial drama action-fantasy Island akan tayang di penghujung 2022.

Jadi Manajer para Setan di Ahli Neraka
Fun
Jadi Manajer para Setan di Ahli Neraka

Menjadi pengenalan dunia 'perhatuan' Indonesia sebagai warisan budaya.

Ganti Status Gaya Hidup agar Hemat di Akhir Bulan
Fun