Maudy Ayunda Meracik Skin Care untuk Perempuan Indonesia Maudy Ayunda merepresentasikan perempuan Indonesia. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

SEJUMLAH produk menunjuk publik figur sebagai brand ambassador untuk meningkatkan reputasi merek mereka. Tugas utama brand ambassador biasanya hanya seputar word of mouth marketing. Namun kini brand ambassador tak hanya bertugas sebagai “juru bicara” suatu produk tetapi juga terlibat lebih dalam lagi.

Para brand ambassador kerap berkolaborasi dengan produk yang menunjuk mereka sebagai brand ambassador. Misalnya, Rihanna yang berkolaborasi dengan Puma dan menghasilkan sepatu seri Puma Fenty Bow, Michael Jordan berkolaborasi dengan Nike dan memproduksi Air Jordan dan lain-lain.

Di Indonesia, kolaborasi tersebut dilakukan antara Maudy Ayunda dan Pond’s. Tak hanya ditunjuk sebagai brand ambassador, perempuan cantik kelahiran 19 Desember 1994 tersebut juga terlibat langsung dari proses produksi hingga peluncuran produk terbaru Pond’s facial foam.

maudy ayunda
Meracik skin care untuk perempuan Indonesia. (Foto: Ikhsan Digdo)

Kecantikan dan kecerdasannya yang dianggap mampu merepresentasikan perempuan Indonesia. Ini membuat Pond’s dengan berani mempercayakan produksi edisi terbatas mereka kepada wanita lulusan Universitas Oxford, Inggris jurusan Politics, Philosophy and Economics tersebut.

Ketika mendapat tawaran untuk berkolaborasi pada Januari 2018, Maudy menyambutnya dengan sangat semangat. Menurutnya, keterlibatannya secara langsung dari awal produksi hingga peluncuran merupakan apresiasi besar untuk dirinya. Kolaborasi tersebut memiliki arti yang dalam bagi Maudy.

Selain menjadi pengalaman pertama untuk berkolaborasi dengan produk skin care, kolaborasi ini juga memberikan peran penting bagi dirinya sebagai perempuan Indonesia. “Aku dipercaya untuk mewakili perempuan. Tak hanya terlibat langsung tetapi juga memiliki suara untuk menentukan pilhan sesuai kebutuhan kita. Buat aku ini semacam ajang woman empowerment,” ujarnya saat ditemui di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (16/10).

maudy ayunda
Inspirasi skin care dari buah-buahan. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Sebagai perempuan ia menampung berbagai aspirasi dan kebutuhan perempuan lain akan perawatan kulit. “Aku akan cari tahu biasanya apa sih permasalahan kulit yang biasa dihadapi oleh teman-temanku atau penggemarku. Dari situ kita fokus untuk menghasilkan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” jelasnya. Keterlibatannya tersebut yakni menentukan bahan-bahan yang akan digunakan, membagi produk-produk berdasarkan tipe kulit, hingga mendesain kemasan. Di tangan Maudy, pembagian pun dikemas secara unik.

Sebagai pecinta buah-buahan, Maudy kerap mencari tahu manfaat buah tertentu untuk kesehatan di internet. Dari kecintaannya tersebutlah ia terinspirasi untuk meluncurkan produk skin care dengan varian buah-buahan. Lemon memberikan efek mencerahkan, kiwi yang diformulasikan dengan purifying scrub dapat mengangkat sel kulit mati dan semangka untuk melembabkan.

Produk-produk tersebut tak hanya dibagi berdasarkan tipe jenis kulit tetapi juga mewakili kepribadian setiap wanita. “Ketiga varian tersebut dikemas dalam tiga warna vibrant seperti hot pink, kuning dan biru ang merepresentasikan keberagaman karakteristik perempun Indonesia,” tutur Head of Marketing Face Care Unilever Indonesia, Amaryllis Esti Wijono. Biru untuk perempuan berjiwa artsy, kuning untuk si pelancong dan petualang dan pink untuk yang romantis. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH