Inspirasi
Keterbatasan Bukan Halangan 4 Pesohor Indonesia Raih Kesuksesan Difabel bukan halangan raih kesuksesan 4 tokoh asal Indonesia (Foto: MP/Teresa Ika)

TERKADANG generasi milenial selalu mengeluh sebelum bertindak dan tak heran mereka dijuluki ‘Kaum Rebahan’. Hal ini sama saja menyia-siakan waktu dan kesempatan. Seharusnya kamu yang memiliki kondisi fisik yang sehat mempunyai berkesempatan untuk melakukan banyak hal, apalagi di usia yang masih muda.

Contohnya beberapa tokoh muda yang hebat ini. Walau tidak memiliki fisik sempurna, mereka mampu menghasilkan karya yang luar biasa bahkan berprestasi. Semangat dan usaha mereka harus kita apresiasi dan kita contoh.

Baca juga:

Angkie Yudistia, Meraih Sukses dengan Mensyukuri Keterbatasan

1. Dani Aditya

Dani aditya mengalami kecelakaan saat usia lima tahun. (Foto: daniaaditya)

Dani Aditya tidak bisa tumbuh layaknya orang normal. Ia mengalami kecelakaan mobil bersama keluarganya saat kecil. Beruntung ia dan keluarganya selamat dari kecelakaan tersebut. Setelah kecelakaan, ia sempat bertahun-tahun menjadi pribadi yang tertutup. Namun, ia berinisiatif untuk mulai aktif keluar untuk mencari kegiatan baru. Salah satunya dengan bergabung bersama komunitas di Malang.

Kini pria yang lebih akrab disapa Dani ini, menjadi komedian yang cukup terkenal. Dia mulai dikenal sebagai komedian semenjak ia mengikuti kompetisi Stand Up Comedy. Karena keberaniannya membawakan materi-materi dalam setiap penampilannya, banyak orang yang kagum dan tersadar bahwa keterbatasan bukanlah sebuah halangan untuk berkarya. Tak jarang Dani membawakan materi komedi yang sarkas mengenai dirinya.

2. Angkie Yudistia

Angkie dipilih Presiden Joko Widodo untuk menjadi salah satu Staff Khusus kepresidenan (Foto: Instagram angkie.yudistia)

Angkie yang lahir di Medan pada 5 Mei 1987, mulai kehilangan pendengarannya saat menginjak usia 10 tahun. Diduga hal tersebut terjadi karena "kesalahan" penggunaan obat-obatan saat dirinya terserang beberapa penyakit. Kejadian tersebut sempat membuatnya terpukul dan tidak percaya diri. Namun, secara perlahan ia berhasil bangkit dari keterpurukan berkat adanya dukungan yang kuat dari keluarga dan orang-orang terdekat, terutama sang ibunda.

Berkat usahanya, Angkie mampu berprestasi dalam banyak bidang. Pada 2008, Angkie mengikuti ajang Abang None Jakarta dan ia berhasil menjadi salah satu finalis dari daerah pemilihan Jakarta Barat. Pada tahun yang sama, ia sukses menyabet penghargaan The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008.

Angkie masih terus melanjutkan menggapai mimpinya satu persatu. Pada 2011, ia berhasil menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Perempuan Tunarungu Menembus Batas". Dan, pada 2019 Angkie dipilih Presiden Joko Widodo untuk menjadi Staff Khusus kepresidenan.

Baca juga:

kamibijak, Bukti Teman Tuli Mampu Berprestasi di Bidang Media

3. Habibie Afsyah

Berkat kesukesannya Habibie sering diundang untuk menjadi pembicara. (Foto: Instagram/habibieafsyah_)

Habibie Afsyah semenjak lahir hingga umur 8 bulan sebenarnya memiliki fisik normal. Namun, saat memasuki usia delapan bulan, Habibie belum bisa merangkak. Ini membuat ibunya khawatir dan segera memeriksakan ke dokter. Ternyata, Habibie terkena penyakit muscular dystrophy, yakni sebuah penyakit yang merusak saraf motoric dan melemahkan fungsi otot. Hal ini membuat Habibie semakin mengecil dan lumpuh.

Namun, Habibie tumbuh dengan penuh optimis dan ia telah membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukan lah hambatan bagi seseorang untuk terus maju dan meraih kesuksesan. Habibie berhasil mengembangkan sebuah bisnis online dari rumahnya, dengan bergabung di situs bisnis affiliate pada Amazon. Melalui bisnisnya, pada 2017 Habibie mampu menghasilkan Rp10 juta setiap bulannya.

Berkat kesukesannya, Habibie sering diundang untuk menjadi pembicara dalam seminar internet marketing di berbagai kampus. Dia juga membuat Yayasan Habibie Afsyah, sebuah wadah untuk para penyandang disabilitas lainnya agar bisa menemukan potensi dalam diri mereka.

4. Laura Aurelia Dinda

Laura berhasil memecahkan rekor pada ASEAN Para Games, serta membawa pulang dua medali emas (Foto: Instagram laurellia)

Semenjak kecil Laura memang sangat menggemari renang. Padahal awalnya, berenang hanyalah sebuah cara Laura untuk terapi Asma yang diidapnya. Karena kecintaannya terhadap olahraga ini, orang tua Laura terus mendukungnya.

Namun, nasib pahit dialami Laura yang kala itu tengah di puncak. Akibat terjatuh di kamar mandi, dokter mendiagnosa Laura tidak bisa lagi berjalan normal. Hal ini sempat membuat Laura depresi dan ingin bunuh diri. Tetapi dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekatnya membuat ia kembali bersemangat dan meneruskan kariernya.

Berkat kegigihan Laura, ia berhasil memecahkan rekor pada ASEAN Para Games, serta membawa pulang dua medali emas. Kini selain menjadi atlet, Laura juga sering diundang untuk memberikan motivasi. (kna)

Baca juga:

INAPGOC Beri Penghargaan Kamibijak.com sebagai Media Paling Inspiratif

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
TXT Bahas Soal Pandemi Lewat Mini Album Ketiga 'minisode: Blue Hour'
ShowBiz
TXT Bahas Soal Pandemi Lewat Mini Album Ketiga 'minisode: Blue Hour'

TXT kembali dengan mini album ketiga bertajuk minisode1: Blue Hour.

Baru Rilis, ini 3 Lagu K-Pop Terbaik
Fun
Baru Rilis, ini 3 Lagu K-Pop Terbaik

Lagu More & More dari TWICE juga menawarkan video klip yang colorful dan super wild.

Kotoran Telinga Bisa Ungkap Tingkat Stresmu
Hiburan & Gaya Hidup
Kotoran Telinga Bisa Ungkap Tingkat Stresmu

Hormon kortisol memiliki peran penting saat seseorang sedang stres.

Mengenali Pengendara Baru Sepeda Motor
Fun
Mengenali Pengendara Baru Sepeda Motor

Hati-hati dengan pengendara baru sepeda motor.

Salat Ied #DiRumahAja, Sudah Tahu Caranya?
Fun
Salat Ied #DiRumahAja, Sudah Tahu Caranya?

Panduan salat Ied di rumah.

BTS Berpidato di Sidang Umum PBB
ShowBiz
BTS Berpidato di Sidang Umum PBB

BTS memberikan pesan video untuk semua anak muda di seluruh dunia

Kebohongan Besar yang Kerap Dilakukan Masing-Masing Zodiak
Fun
Kebohongan Besar yang Kerap Dilakukan Masing-Masing Zodiak

Ada saatnya zodiak-zodiak ini berbohong.

Canggih! Kamera OnePlus 8 Pro Bisa Lihat Pakaian Tembus Pandang
Fun
Canggih! Kamera OnePlus 8 Pro Bisa Lihat Pakaian Tembus Pandang

Ponsel ini dinilai seharga USD 899 atau sekitar Rp 13,3 juta

Digelar Online, 'Homefest James Corden's Late Late Show Special' Bertabur Bintang
ShowBiz
Digelar Online, 'Homefest James Corden's Late Late Show Special' Bertabur Bintang

Tujuan acara spesial ini adalah mengajak penonton berdonasi untuk CDC Foundation dan Feed The Children untuk membantu melawan pandemi virus Corona.