Keterampilan Memasak Amat Penting, ini Alasannya Memasak seharusnya jadi keterampilan dasar bagi semua orang. (foto: pixabay/clem onojeghuo)

DI masa kini, mendapatkan makanan tak lagi sesulit dulu. Cukup lewat telepon atau menyentuh layar ponsel pintar, makanan bisa dipesan dengan mudah. Memang tak dapat dimungkiri keberadaan makanan saji cepat dan layanan pesan antar amatlah memanjakan. Akibatnya, makin banyak orang malas memasak.

Saking malasnya memasak, bahkan kini banyak ditemui rumah yang hanya punya peralatan masak seadanya. Asal bisa memasak mi instan. Padahal nih, keterampilan memasak amatlah penting. Memasak jadi keterampilan mendasar untuk bisa bertahan hidup di alam bebas. Selain itu, banyak alasan lain pentingnya pengetahuan dan keterampilan memasak bagi kamu. Dilansir dari beberapa sumber, berikut lima alasan kamu harus bisa memasak.

BACA JUGA: Terlalu Banyak Konsumsi Daging Ternyata Bahaya untuk Planet Bumi

1.Memasak bisa membuat kamu lebih hemat

memasak
Menghemat ketimbang makan di luar. (foto: pixabay/joe)

Ini bisa menjadi alasan paling menyenangkan. Saat bisa memasak di rumah, kamu akan bisa menghemat pengeluaran jika dibandingkan dengan membeli makan di luar sana. Misalkan untuk sarapan saja kamu bisa keluar uang sebesar Rp20 ribu. Padahal, kalau memasak di rumah, pengeluarannya bisa lebih irit. Namun, memang perlu waktu dan tenaga untuk memasaknya.

Selain itu, kamu juga bisa menyajikan makanan kesukaanmu yang berbeda setiap harinya. Meskipun terbilang murah, membeli makan di luar rumah secara terus-menerus tak terasa akan membuat dompetmu tipis.

2. Lebih sehat dengan menu buatan sendiri

memasak
Lebih sehat karena mengetahui bahan yang digunakan. (foto: pexels/pixabay)

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menyiapkan makanan di rumah akan jauh lebih sehat karena mereka tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Laman Forbes melansir, Juliana Cohen, seorang Peneliti di Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health, mengatakan mereka yang memasak makanan sendiri akan mengonsumsi lebih sedikit kalori, lemak jenuh, natrium, tapi lebih banyak nutrisi.

Yang paling penting, kamu juga bakal mengetahui sendiri seberapa higienis dan berapa banyak gizi dalam masakan yang akan kamu makan nantinya.


3. Memasak juga olahraga

memasak
Membuat tubuhmu bergerak aktif. (foto: pexels/prince photos)

Dengan memasak, kamu pasti menggerakkan semua anggota tubuhmu. Pada akhirnya, kamu jadi berkeringat. Tanganmu akan memegang spatula dan mengaduk bahan-bahan makana. Belum lagi sibuk dengan mengambil bahan-bahan lain.

Hal itu tampaknya cocok bagi kamu yang malas berolahraga di gym atau lari di pagi hari.


4. Bisa menghargai waktu

memasak
Membuat mahir mengatur waktu. (foto: pexels/pixabay)

Memasak memang membutuhkan waktu, apalagi bagi seorang ibu yang harus menyiapkan sarapan di pagi hari untuk keluarga. Hal itu membuat ibu harus pandai mengatur waktu istirahat dan memasak. Jika rutinitas ini sering kamu lakukan, kamu akan belajar untuk menghargai waktu.


5. Mudah bila menginginkan sesuatu

memasak
Tak perlu repot jika ingin masakan tertentu. (foto: pixabay/ritaE)

Mungkin ada saatnya kamu menginginkan makanan tertentu. Kalau bisa memasak, mudah saja. Kamu bisa mengolah bahan makanan yang ada untuk dihidangkan. Jika kesulitan membuatnya, kamu bisa mencari resep yang tersedia di internet.(And)

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Mental dengan Memasak


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH