Ketegangan Laut Natuna Tak Pengaruhi Bandara Adi Soemarmo Tambah Penerbangan ke Tiongkok General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, Rabu (8/1). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Ketegangan antara Indonesia dengan Tiongkok tidak mempengaruhi Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah untuk menambah rute penerbangan internasional ke China.

Penambahan rute penerbangan internasional dilakukan untuk tujuan Tiongkok dengan beberapa kota tujuan. Hingga bulan Februari diperkirakan akan ada empat rute penerbangan baru di Bandara Adi Soemarmo menuju ke China.

Baca Juga:

Indonesia Tak Akan Beri Ampun Bagi Kapal Asing Pencuri Ikan di Laut Natuna

"Ya sudah kita konfirm ke sejumlah pihak terkait. Bandara Adi Soemarmo memastilan akan ada rute penerbangan tambahan dengan tujuan China," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman kepada merahputih.com di Solo, Rabu (8/1).

Usman mengatakan saat ini baru maskapai Lion Air yang sudah pasti buka rute dengan tujuan Solo (Indonesia)-Hainan (China). Rencananya penerbangan ini masih menggunakan sistem carter.

Bandara Adi Soermamo Solo tambah penerbangan ke Tiongkok
Bandara Adi Soermarmo akan buka rute penerbangan internasional Solo-Hainan, Tiongkok (MP/Ismail)

"Kami bakal memantau apakah berjalan dengan baik selama satu tahun penerbangan itu (Solo-Hainan)," kata dia.

Selain Lion Air, maskapai lain yang berencana membuka rute penerbangan baru dengan tujuan Solo-China yakni dari City Link. Rencananya akan ada tiga rute dengan tiga kota yang berbeda.

"Januari ini sudah ada satu perjalanan, dua lainnya akan dibuka di bulan Februari, tetapi kotanya di mana kami masih bahas lebih lanjut," paparnya.

Saat ini di Bandara Adi Soemarmo, kata dia, sudah ada satu penerbangan carter dengan tujuan Solo-Kunming setiap pekan. Penerbangan ini dinilai sudah baik. Tak hanya itu, penerbangan umroh dengan maskapai Batik Air yang memiliki fasilitas kelas bisnis juga telah beroperasi.

"Kami juga akan kembali buka layanan penerbangan Solo-KL (Kuala Lumpur) dengan maskapai Air Asia. Kepastian waktunya menunggu rapat lanjutan," terang dia.

Baca Juga:

Coast Guard Tiongkok Masuk Laut Natuna, TNI Siagakan Pasukan Tempur dan Tiga KRI

Ia menambahkan Bandara Adi Soemarmo saat ini sudah ada 66 rute penerbangan baik berangkat atau menuju Bandara Adi Soemarmo. Perinciannya sebanyak 48 rute melayani domestik, sisanya untuk internasional.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pengamat: Keterlibatan AS Patroli di Laut Natuna Harus Sesuai Prosedur



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH