Ketatnya Aturan Berat Badan Ala Tiga Agensi Besar Industri K-Pop Momo key dan maydoni (Foto: Koreaboo)

AGENSI K-Pop cukup ketat jika itu menyangkut berat badan artis binaannya. Mereka akan bertindak jauh lebih ketat pada trainee mereka.

Agensi "The Big 3" (YG Entertainment, JYP Entertainment, dan SM Entertainment) juga tidak berbeda. Berikut adalah beberapa momen ketika idola K-Pop mengungkapkan betapa ketatnya ketiga perusahaan ini dalam persoalan berat badan:

Baca juga:

HAM Idola Korea yang Dirampas oleh Agensi


1. YG Entertainment

MAYDONI tidak bisa debut di bawah YG Entertainment karena berat badannya tak sesuai permintaan YG Entertainment (Sumber: Koreaboo).


Maydoni adalah artis solo dan YouTuber yang pernah menjadi trainee di YG Entertainment. Dirinya menjadi trainee di perusahaan tersebut selama lebih dari 4 tahun.

Lamanya masa latihan tidak membuatnya segera diorbitkan menjadi artis. Dia tidak dapat debut di YG Entertainment karena berat badannya.

Dirinya mengungkapkan bahwa YG Entertainment tidak akan membiarkan dia debut sampai dia kehilangan berat badan sampai batas yang ditentukan. "Saya diminta untuk mengurangi berat badan saya menjadi 38 kilogram sebelum debut dan ini sangat membuat stres," ungkapnya.

2. JYP Entertainment

Momo TWICE dan Dahyun TWICE dihukum oleh agensi karena berat badannya tidak mencapai target (Sumber: VLIVE)

Dalam siaran langsung VLive, Momo dan Dahyun TWICE bercerita bahwa ketika mereka masih trainee, perusahaan memeriksa berat badan mereka dua kali sehari. Setiap harinya mereka juga harus menurunkan berat badan. Keduanya juga mengungkapkan bahwa mereka pernah dihukum tak boleh ke kafetaria agensi karena gagal memenuhi target berat badan.

Dalam siaran langsung berbeda, Momo menuturkan bahwa dia pernah harus kehilangan berat badannya 7kg dalam seminggu. "Ketika aku masih menjadi trainee aku harus menurunkan 7kg apapun yang terjadi. Itulah satu-satunya cara untuk tampil di showcase," bebernya.

Baca juga:

Selebriti Top Korea Ini Pernah Menolak Agensi Raksasa, SM Entertainment

Momo akhirnya membuat dirinya kelaparan dan terus-menerus pergi ke gym untuk menurunkan 7kg. Dia juga mengakui bahwa dia takut untuk tidur dan dia banyak menangis selama itu.

"Saya tidak makan apa pun selama seminggu penuh dan pergi ke gym sepanjang waktu. Saya meludah sepanjang waktu sehingga tidak ada air di tubuh saya. Dan ketika saya berbaring di tempat tidur dan mencoba untuk tidur, saya takut saya tidak akan bangun lagi, jadi saya tiba-tiba mulai menangis," ungkapnya getir.

3. SM Entertainment

Key SHINee terkejut dengan blak-blakannya SM Entertainment mengatakan dirinya gemuk (Sumber: Koreaboo)

Seorang mantan trainee SM Entertainment pernah berbicara tentang pengalamannya selama bergabung di agensi tersebut. Ia juga mengatakan perusahaan sangat peduli dengan berat trainee mereka.

Dia mengungkapkan bahwa perusahaan memeriksa persentase lemak tubuh semua trainee setiap bulan.

Senada dengan mantan trainee, artis binaan SM Entertainment, Key SHINee pun mengatakan hal serupa. Dalam salah satu episode Radio Star, Key SHINee berbagai pengalaman tak terlupakan ketika bergabung dengan SM Entertainment. Dia amat terkejut karena dibilang gemuk.

"Ketika aku bergabung dengan SM Entertainment, aku mendengar bahwa aku gemuk untuk pertama kalinya dalam hidupku," tuturnya tak percaya. (avia)

Baca juga:

Deretan Artis Korea Ini Berjasa Ubah Nasib Agensinya

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH