Ketat, Perjalanan Bisnis ke Singapura Harus Penuhi Persyaratan Ini Persyaratan yang harus disiapkan untuk lakukan kunjungan ke Singapura (Foto: Unsplash/Joshua Ang)

SINGAPURA menerapkan uji coba pengaturan jalur cepat (Fast Lane arrangement) bersama beberapa negara lain untuk membuka kembali perbatasan secara bertahap.

Dilansir dari Antara, Senin (30/11), Indonesia bersama Singapura, Malaysia, Tiongkok, Brunei Darussalam, Jepang, dan Republik Korea yang tergabung dalam Reciprocal Green Lane (RGL), memungkinkan mulainya kembali perjalanan pendek guna keperluan bisnis dan perjalanan resmi penting.

Baca juga:

Perbatasan Dibuka, Berikut Aturan bagi Pelancong Masuk ke Singapura

Pembukaan perbatasan secara bertahap ini memungkinkan warganya untuk melakukan aktivitas penting di luar negeri dan begitu juga sebaliknya. Namun, untuk masuk ke Singapura, ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan.

Keberangkatan

Untuk masuk ke Singapura, setiap calon pengunjung dari negara lain wajib terdaftar dalam SafeTravel Pass (STP) (Foto: Unsplash/Artur Tumasjan)

Untuk masuk ke Singapura, setiap calon pengunjung dari negara lain wajib terdaftar dalam SafeTravel Pass (STP) melalui badan pemerintah atau perusahaan yang menjadi sponsor. Bisa juga melalui perusahaan yang memberikan undangan untuk datang ke Singapura. Artinya kunjungan tidak memungkinkan atas nama pribadi atau wisata.

Perusahaan atau badan pemerintahan yang menjadi sponsor tersebut akan mengajukan STP atas nama calon pengunjung. Persetujuan atau penolakan STP akan diberikan kepada sponsor perjalanan dan selanjutnya diteruskan kepada calon pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga harus memiliki SG Arrival Card (SGAC) yang terdiri dari surat keterangan sehat berupa hasil tes PCR negatif 72 jam sebelum keberangkatan. Pengunjung wajib melaporkan akomodasi dan rencana perjalanan melalui aplikasi Safe Travel Concierge (STC).

Dalam rencana perjalanan, pengunjung hanya bisa singgah di tempat-tempat bisnis, hotel, dan melakukan kontak terbatas dengan warga setempat. Pengunjung tidak diperkenankan mengunjungi tempat rekreasi, shopping, ataupun melakukan pertemuan pribadi. Kecuali jika masuk dalam pengajuan rencana perjalanan.

RGL membatasi rencana perjalanan paling lama hanya 10 hari dan tidak mengizinkan untuk memperpanjang durasi kunjungan. Pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa anggota keluarga dari Indonesia. Jika didapati melanggar, akan diberikan sanksi yang berdampak pada kunjungan di kemudian hari.

"Pengundang wajib membuat itinerary bagi pengunjung dan sebagai organization agency guarantee yang akan stick to the itinerary. Pemerintah Indonesia sudah sepakat ini adalah aturannya," ujar perwakilan Singapore Tourism Board Indonesia di Singapura, Mohamed Firhan Abdul Salam yang dikutip dari Antara.

Pengunjung juga harus memesan tes PCR untuk kedatangan di bandara Changi. Pemesanan tes tersebut dilakukan sebelum berangkat dan pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi STC. Pengunjung cukup menunjukkan barcode pemesanan pada petugas imigrasi di Changi.

Tiba di Singapura

Semua pemeriksaan dokumen selesai, pengunjung diarahkan untuk menjalani tes PCR kedatangan di bandara (Foto: Unsplash/Mufid Majnun)

Dokumen-dokumen seperti paspor, tiket, rencana perjalanan, surat persetujuan dari STP, dan hasil tes negatif PCR dari Indonesia, harus dicetak untuk ditunjukkan kepada petugas imigrasi di bandara Changi. Setelah semua pemeriksaan dokumen selesai, pengunjung diarahkan untuk menjalani tes PCR kedatangan di bandara.

Baca juga:

Harus Mampir, 5 Destinasi Wisata Singapura yang Hits di 2020

Selesai melakukan tes, pengunjung akan diarahkan untuk mengambil token TraceTogether. Pengunjung wajib menggunakan token dan mengaktifkannya agar memudahkan pelacakan jika terdeteksi ada yang terpapar COVID-19.

Kemudian pengunjung dapat menuju area penjemputan. Armada transportasi telah dipersiapkan sebelumnya dan akan langsung menuju hotel. Sesampainya di Hotel pengunjung diminta untuk mengisolasi diri, hingga hasil tes PCR di bandara keluar. Hasil tes diperkirakan akan memakan waktu 6-8 jam.

Jika hasil tes positif COVID-19, maka pengunjung akan langsung dijemput ambulans untuk melakukan tindakan medis. Biaya pengobatan ditanggung oleh pengunjung sendiri, kecuali diikutkan asuransi kesehatan oleh pihak sponsor.

Kepulangan

Sebelum kembali ke Indonesia, pengunjung diwajibkan untuk melakukan tes PCR (Foto: Unsplash/chuttersnap)

Sebelum kembali ke Indonesia, pengunjung diwajibkan untuk melakukan tes PCR. Setidaknya tes tersebut dilakukan 72 jam sebelum penerbangan pada klinik rujukan di Singapura. Hasil tes tersebut harus dibawa dan ditunjukkan pada petugas saat check-in di bandara Changi dan petugas imigrasi bandara Soekarno-Hatta.

Terakhir, pengunjung harus mengembalikan token TraceTogether di bandara Changi sebelum melakukan penerbangan pulang. (kna)

Baca juga:

4 Aktivitas Wisata Ini Kudu Masuk 'Bucket List' saat Mengunjungi Kepulauan Riau

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
G-Dragon Hadiahkan Sepeda Motor untuk Ipar
ShowBiz
Angga Dwimas Sasongko Tegaskan Perang Lawan Pembajak Film
ShowBiz
Angga Dwimas Sasongko Tegaskan Perang Lawan Pembajak Film

"Saya akan pakai segala resources buat masukin kalian ke penjara atau setidaknya bikin hidup kalian enggak nyaman."

Popularitas Muscle Car yang Tak Lekang Dimakan Zaman
Fun
Popularitas Muscle Car yang Tak Lekang Dimakan Zaman

Mobil berotot tetap kuat di berbagai zaman.

'Love Spells Live Version', Jadi Penawar Rindu Konser untuk Sivia Azizah
ShowBiz
'Love Spells Live Version', Jadi Penawar Rindu Konser untuk Sivia Azizah

Berbeda sedikit dengan versi albumnya, pada versi live Sivia menghadirkan string section untuk menambah warna pada aransemen musik.

Cerita Prilly Latuconsina Survive Hadapi Pandemi
ShowBiz
Cerita Prilly Latuconsina Survive Hadapi Pandemi

Dari syuting yang dibatalkan hingga usaha Prilly terkena dampak pandemi.

Perempuan Petarung MMA Ini Ternyata Keponakan dari RM BTS
Fun
Perempuan Petarung MMA Ini Ternyata Keponakan dari RM BTS

RM BTS punya keponakan seorang petarung MMA profesional.

Sekali Makan dengan Porsi Banyak Berisiko pada Tubuh
Fun
Sekali Makan dengan Porsi Banyak Berisiko pada Tubuh

Sedikit yang tahu bagaimana tubuh merespon gaya makan berlebihan.

Trevor Noah Siapkan Film Komedi dengan Mantan Staf Obama
ShowBiz
Trevor Noah Siapkan Film Komedi dengan Mantan Staf Obama

Trevor Noah sukses memandu Grammy Awards 2021.

Ada yang Harus Diperhatikan Kalau Menyewa Mobil
Fun
Ada yang Harus Diperhatikan Kalau Menyewa Mobil

Menyewa mobil punya beberapa trik agar sama-sama menguntungkan.

Radiasi Ancam Rencana Pemukiman Astronaut di Bulan
Hiburan & Gaya Hidup
Radiasi Ancam Rencana Pemukiman Astronaut di Bulan

Jadi tantangan baru bagi ilmuwan NASA