Ketangguhan, Warisan Dian Sastrowardoyo bagi Anak-Anaknya

Rina GarminaRina Garmina - Minggu, 20 Agustus 2017
Ketangguhan, Warisan Dian Sastrowardoyo bagi Anak-Anaknya
Dian Sastrowardoyo. (Foto: Instagram/@therealdisastr)

DIBESARKAN oleh seorang ibu yang 'saklek', Dian Sastrowardoyo tumbuh menjadi perempuan tangguh. Ketangguhan ini pulalah yang ia wariskan kepada kedua anaknya, Syailendra dan Isyana. Apalagi, hidup di zaman modern seperti sekarang banyak tantangan sehingga harus dihadapi dengan penuh ketangguhan.

"Saya dibesarkan oleh ibu yang saklek. Hidup tidak boleh seenak-enaknya. Mama aku single fighter, 'ngebesarin' aku sehingga aku dicetak mama jadi sosok yag tangguh," kata istri Maulana Indraguna Sutowo itu dalam bincang-bincang bertajuk "Ibu Tangguh 3 Generasi" di Jakarta.

Tak luput, Dian menceritakan pula masa lalunya. Sejak ibunya menjadi orangtua tunggal, ia dididik agar mampu mandiri dan bekerja keras. Seperti dikutip dari Antara, didikan seperti inilah yang menjadi bekal penting menghadapi hidup.

Setiap zaman memiliki tantangan berbeda. Setiap generasi juga menghadapi persoalan yang tidak sama sehingga perlu berjuang agar bisa menjadi pribadi tangguh. Di setiap generasi selalu muncul ibu tangguh yang konsisten menegakkan aturan bagi kebaikan keluarganya.

Agar kedua anaknya mampu menghadapi kerasnya kehidupan di masa mendatang serta tumbuh menjadi pribadi bertanggung jawab, Dian mendidik anak-anaknya dengan tegas.

"Aku khawatir karena hidup mereka yang jauh lebih enak dibanding aku. Bagaimana menghadapi dunia mereka yang keras. Aku aware banget dan mempersiapkan mereka agar tangguh menghadapi itu, jadi aku sekarang menjadi ibu yang lebih disiplin dan tegas, mengajarkan mereka tanggung jawab yang simpel tapi benar dan mengajarkan mereka untuk menghargai hak dan kewajiban orang lain," ujarnya.

Demi kedua buah hatinya, perempuan kelahiran 16 Maret 1982 itu rela melepaskan semua tawaran main film agar dapat fokus mendampingi anak-anaknya yang sudah mulai masuk sekolah dasar. (*)

Baca juga artikel Beda Keyakinan, Ibunda Dian Sastro Terharu Saat Putrinya Membaca Alquran.

#Dian Sastrowardoyo
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan