Ketangguhan Pedagang Baju Pasar Tanah Abang Berjuang di Masa Sulit Pedagang baju di tanah abang 'menjerit' karena omset turun drastis saat pandemi (Foto: dok. pribadi Marry)

BEBERAPA bulan lalu banyak pedagang yang 'menjerit' akibat PPKM Darurat karena kasus COVID-19 yang kian melonjak, tak terkecuali para pedagang di pasar Tanah Abang.

Karena saat PPKM Darurat pada awal bulan Juli lalu, pihak pengelola melakukan penutupan sementara hingga ada keputusan selanjutnya dari Pemerintah.

Baca Juga:

Ketangguhan MUA Beradaptasi dengan Pandemi Demi Mempercantik Klien

Alhasil, pemandangan begitu kontras dengan hari-hari sebelumnya yang sangat ramai dan padat hiruk pikuk mobilitas pengunjung dan pedagang. Pasar Tanah Abang mendadak sepi bak 'tidak ada kehidupan'.

Salah satu yang sangat merasakan dampak penutupan sementara Pasar Tanah Abang ialah Marry Kurniawan, salah pengusaha konveksi yang memiliki kios di kawasan ini. "Situasinya sangat sepi luar biasa, 1 lantai hanya yang buka 36 kios dari 487 kios," ungkap Marry kepada merahputih.com.

Karena adanya sejumlah pembatasan dan penutupan sementara sejumlah kios, Marry mengaku sangat-sangat kesulitan. Karena baginya kebutuhan biaya hidup harus berjalan terus, sementara untuk menjual barang-barangnya harus ekstra usaha.

Omzet menurun drastis akibat adanya penutupan saat PPKM. (Foto: pixabay/bru-no)

Kesulitan Marry begitu terasa kala dia menyebutkan penurunan omzet usaha baju muslimnya yang sangat drastis, bahkan bisa dibilang 'tiarap'. "Sangat turun luar biasa omzetnya, turun 90 persen, yang beli bajunya lagi pada tiduran di rumah sakit kena COVID-19," ungkap Marry.

Baca Juga:

Sales Rumah Negeri Aing Tangguh Demi Bisa Closing

Karena omzet menurun, Marry pun mengaku kesulitan untuk membayar gaji para karyawannya. Namun, meski di tengah situasi yang sulit karena pemasukan merosot tajam, Marry tetap berusaha memberikan gaji pada karyawannya meski harus membongkar tabungannya.

Saat awal pandemi Marry mengaku pegawainya dirumahkan dan dibayar hanya gaji tanpa uang makan. Namun setelah itu beberapa pegawai yang dirumahkan juga diberikan uang pesangon. Kemudian, saat PPKM, satu orang pegawai kembali di rumahkan dan hanya tersisa dua orang.

Di tengah situasi yang sangat sulit, Marry tak lantas berdiam diri dengan keadaan. Dia berusaha keras berjuang untuk mempertahankan usahanya. "Pertama ialah berdoa, kemudian mencoba berjualan lewat online, dan yang ketiga yakni dengan cara menjemput bola, dengan menawarkan layanan antar atau gratis ongkos kirim," jelas Marry.

Salah satu baju muslim yang dijual Marry di kiosnya. (foto: instagram @kerofashion_tanahabang)

Ia juga lebih menekan pengeluarannya agar keuangannya cukup untuk menyambung hidup. "Selain itu, saya terbiasa hemat.. jadi pada saat sesulit ini saya jatahin uang belanja sayur hanya boleh Rp 50 ribu dan tidak makan di luar," tuturnya.

Di tengah situasi pasar Tanah Abang yang masih sepi, Marry sangat berharap pedagang yang sebelumnya berjualan untuk membuka kembali tokonya, agar kawasan bisnis ini bisa bangkit lagi. Menurut Marry, yang bisa membangkitkan kembali Tanah Abang ialah para pedagang yang awalnya berjualan. Dia berharap pasar Tanah Abang bisa ramai seperti dulu. Marry juga berharap ada kebijakan dari pihak pengelola seperti mengurangi biaya sewa hingga 50 persen.

Marry mengatakan usaha pemerintah saat ini mengatasi pandemi sudah bagus dan sudah serba salah. "Mau langkah gimana pun sudah bingung. mau minta dibebaskan hidup bersama COVID-19 enggak mungkin juga, karena COVID-19 membahayakan, mau minta dibebaskan keluar masuk tanah abang juga enggak memungkinkan, jadi ya paling ayo semangat kita sama-sama berantas COVID-19," tutup Marry. (ryn)

Baca Juga:

Tangguhnya Wartawan Koran Pertahankan Eksistensialisme

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Facebook Luncurkan Iklan Untuk Tingkatkan Literasi Media dan Perangi Hoaks
Fun
Akademi Esports Garudaku Siap Dukung Atlet Esports Tanah Air
Fun
Akademi Esports Garudaku Siap Dukung Atlet Esports Tanah Air

Akademi Esports Garudaku akan membekali banyak materi mulai dari game hingga pembentukan karakter.

Twice Rilis Jadwal Tur Amerika Utara 2022
ShowBiz
Twice Rilis Jadwal Tur Amerika Utara 2022

New York dan Los Angeles merupakan kota yang akan mereka datangi untuk tur Amerika Utara.

Casper akan Kembali dalam Serial Live-Action di Peacock
ShowBiz
Casper akan Kembali dalam Serial Live-Action di Peacock

Serial Casper di Peacock akan menggambarkan kembali cerita asal karakter Casper dan mengeksplorasi artinya hidup.

Cinta Laura Rilis 'It's You', Ajak Perempuan Kuat saat Putus Cinta
ShowBiz
Cinta Laura Rilis 'It's You', Ajak Perempuan Kuat saat Putus Cinta

It's You menjadi single ketiga Cinta Laura.

'DOTA 2' hingga 'PUBG: Mobile' Siap Dipertandingkan di World Esports Championship 2022
Fun
Baru Biru Perkenalkan Diri dengan Single ‘Terbenam’
ShowBiz
Baru Biru Perkenalkan Diri dengan Single ‘Terbenam’

Single Terbenam dari Biru Baru memiliki esensi untuk mensyukuri hidup.

Mutu Air Tanah Terancam karena Kebakaran Hutan
Fun
Mutu Air Tanah Terancam karena Kebakaran Hutan

ketika kebakaran itu berkali-kali melanda hutan, korban pertamanya bukanlah manusia, melainkan mutu air tanah.

Alasan Masyarakat Indonesia Menyukai Mobil MPV dan SUV
Hiburan & Gaya Hidup
Alasan Masyarakat Indonesia Menyukai Mobil MPV dan SUV

Masyarakat Indonesia banyak yang menggandrungi kendaraan jenis MPV dan SUV

Waspadai Gejala Dehidrasi saat Berpuasa
Hiburan & Gaya Hidup
Waspadai Gejala Dehidrasi saat Berpuasa

Beberapa hal memang bisa memicu dehidrasi parah saat puasa.