Ketan Bintul, Menu Sarapan Favorit di Banten Ketan Bintul (Foto : instagram @wii_wit, @adi_mbhe dan @farhanabibeh)

MerahPutih Kuliner - Di wilayah Banten memang banyak sekali kuliner khas yang menjadi favorit masyarakat. Di antaranya yaitu Ketan Bintul yang menjadi salah satu menu sarapan favorit warga Banten.

Sesuai dengan namanya, kuliner khas Banten, Ketan Bintul, merupakan olahan kuliner yang berbahan dasar beras ketan.

Kepopuleran Ketan Bintul, konon kabarnya sudah sejak abad ke-15, di mana Ketan Bintul menjadi makanan favorit para Sultan Banten di bulan Ramadan untuk menu berbuka puasa.

Pengolahan Ketan Bintul sendiri, bermula dari beras ketan yang dikukus usai dikombinasikan dengan santan dan garam. Setelah ketan tersebut matang, ketan pun di potong-potong berbentuk persegi dan disajikan di atas daun pisang. Tapi tak hanya itu, Ketan yang telah disajikan diatas daun pisang tersebut pun ditaburi bubuk serudeng yang dibuat dari kelapa, bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, garam dan gula.

Lalu usai ditaburi bubuk serundeng, Ketan Bintul pun siap untuk dinikmati. Nah, berbicara soal rasa, kuliner yang satu ini pun sangat lezat. Pasalnya, perpaduan antara manis, gurih serta legit, menjadikan cita rasa Ketan Bintul sangat menggoyang lidah.  Terlebih lagi jika menikmati Ketan Bintul dengan didampingi oleh segelas kopi, maka hidangan sarapan anda pun akan begitu sempurna.

Bagi anda yang ingin mencicipi Ketan Bintul khas Banten, anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena harga 1 poris Ketan Bintul hanya berkisar antara Rp10 ribu, dan Ketan Bintul sendiri banyak anda temui di sekitar kota Serang, Banten dan sekitarnya. 

BACA JUGA:

  1. Gerem Asem, Kuliner Khas Banten yang Bikin Nagih
  2. Sate Bandeng, Kuliner Khas Banten yang Paling Dicari
  3. Mengenal Sejarah Masjid Seribu Pintu Banten
  4. Pantai Tanjung Pasir, Alternatif Wisata di Banten
  5. Wisata Taman Buaya Tanjung Pasir, Banten


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH