Kesehatan
Ketahui Lengkap Tentang Oedipus Complex Istilah oedipus complex diambil Freud dari karakter Oedipus Rex dalam kisah mitologi Yunani yang secara tidak sengaja membunuh ayahnya dan menikahi ibu kandungnya sendiri. (Pixabay/Celtibere)

Oedipus complex adalah kondisi ketika adanya ketertarikan anak laki-laki terhadap ibunya secara emosional dan seksual. Dalam ilmu psikologi, istilah ini masih kontroversial. Sebagian orang menganggapnya normal. Lainnya tidak. Jadi, apa itu oedipus complex?

Pada dasarnya, orang tua dan anak memiliki suatu ikatan emosional, termasuk anak laki-laki dengan ibunya. Masalah terjadi jika anak laki-laki tertarik secara seksual dengan ibu kandungnya sendiri. Kondisi inilah yang dikenal dengan oedipus complex.

Sebagian orang menganggap oedipus complex normal terjadi sebagai bentuk kasih sayang anak laki-laki terhadap ibunya. Namun, lainnya menganggap kondisi tersebut sebagai perilaku menyimpang. Karena itu, oedipus complex masih menjadi konsep yang kontroversial dalam ilmu psikologi.

Mula Oedipus Complex

Istilah oedipus complex pertama kali dicetuskan oleh Sigmund Freud, seorang ahli kejiwaan ternama, dalam bukunya, The Interpretation of Dreams, pada 1899. Meski demikian, ia tidak secara formal menggunakan istilah ini sampai tahun 1910.

Istilah oedipus complex diambil Freud dari karakter Oedipus Rex dalam kisah mitologi Yunani yang secara tidak sengaja membunuh ayahnya dan menikahi ibu kandungnya sendiri.

Baca juga:

Jutaan "Ibu" di Gianyar

oedipus complex
Istilah oedipus complex pertama kali dicetuskan oleh Sigmund Freud, seorang ahli kejiwaan ternama, dalam bukunya, The Interpretation of Dreams, pada 1899. (Freepik/Proostoleh)

Dari kisah tersebut, Freud menggambarkan oedipus complex sebagai kondisi ketika seorang anak laki-laki menginginkan ibunya hanya untuk dirinya sendiri. Ia memandang ayahnya sebagai pesaing dan bahkan muncul keinginan untuk menyingkirkan sang ayah.

Ketika menyadari bahwa ayahnya lebih berkuasa dan lebih kuat, akan muncul perasaan cemas dari anak laki-laki. Untuk menghilangkan kecemasan tersebut, biasanya anak dengan oedipus complex akan meniru sifat atau perilaku ayahnya agar bisa merebut perhatian sang ibu.

Freud percaya bahwa manusia adalah makhluk seksual sejak lahir. Sentuhan fisik seperti belaian, pelukan, dan ciuman sangat penting untuk tumbuh kembang seorang anak.

Menurut Freud, perkembangan psikoseksual pada masa kanak-kanak terjadi secara bertahap. Setiap tahap mewakili perkembangan seksual pada bagian tubuh yang berbeda.

Fase-Fasenya

Freud pun menyebutkan bahwa ada beberapa fase yang akan dilalui bayi dan anak-anak dalam proses tumbuh kembangnya. Fase perkembangan psikologis bayi dan anak tersebut meliputi Fase oral, anal, falik, laten, dan genital.

Fase oral terjadi sejak bayi lahir hingga berusia 18 bulan. Bayi yang akan merasakan kepuasan saat menggunakan mulutnya. Kepuasan ini bisa diperoleh bayi dengan cara mengisap, menjilat, mengunyah, dan menggigit.

Baca juga:

Uniknya Ritual yang Dilakukan Perempuan Kerajaan Inggris Pascamelahirkan

oedipus complex
Pada dasarnya, orang tua dan anak memiliki suatu ikatan emosional, termasuk anak laki-laki dengan ibunya. (Unsplash/Kristyn Lapp)

Fase anal berlangsung ketika anak berusia 18 bulan hingga 3 tahun. Tahap ini berfokus pada munculnya sensasi yang dirasakan anak saat buang air besar dan ketika anak mulai mengembangkan kebiasaan toilet training yang sehat.

Fase falik atau falus dimulai sewaktu anak berusia 3–5 tahun. Pada fase ini, anak-anak mulai menyadari perbedaan jenis kelamin antara pria dan wanita. Berdasarkan teorinya, Freud memercayai oedipus complex berkembang pada fase ini.

Pada fase falik atau falus, hasrat seksual dan ketertarikan dengan lawan jenis mungkin akan muncul pada diri anak, termasuk anak laki-laki ke ibunya. Namun, perasaan tersebut tidak disadari oleh anak.

Fase laten berada saat anak berusia 5–12 tahun atau masa pubertas. Pada tahap ini anak akan mengembangkan perasaan pasif terhadap lawan jenis.

Fase genital merentang dari masa pubertas hingga dewasa. Pematangan minat seksual yang sehat terjadi pada fase ini. Remaja yang telah pubertas akan mulai merasakan hasrat seksual terhadap orang lain yang dianggapnya menarik.

Tanda-Tanda Oedipus Complex

Melansir dari laman Alodokter, tanda-tanda oedipus complex tidak selalu mengacu pada hal-hal yang bersifat seksual, sehingga terkadang sulit dipastikan apakah seorang anak mengalami oedipus complex atau tidak.

Secara umum, tanda bahwa anak laki-laki mengalami oedipus complex adalah:

- Bersikap posesif terhadap ibunya. - Tidak membiarkan ayahnya menyentuh ibu. - Bersikeras tidur di antara orang tua dan lebih senang jika ayah tidak tidur bersama ibu. - Berharap ayah bepergian dalam waktu lama atau tidak berada di dekat ibu

Menurut Freud, seorang anak harus mampu mengatasi konflik di setiap tahapan perkembangan seksual untuk dapat mengembangkan hasrat dan perilaku seksual yang normal. Ketika konflik selama tahap falik tidak bisa terselesaikan dengan baik, kecenderungan perilaku seksual yang menyimpang dapat berkembang dan menetap.

Hal ini menyebabkan anak laki-laki menjadi terlalu terpaku kepada ibunya dan anak perempuan bisa saja menjadi terlalu terikat pada ayahnya. Padahal, anak semestinya memiliki keterikatan yang seimbang dengan masing-masing orang tua.

Saat anak memasuki usia dewasa, hal tersebut dapat menyebabkan mereka memilih pasangan yang menyerupai orang tua mereka. Inilah yang kemudian menimbulkan anggapan bahwa oedipus complex juga dapat diartikan sebagai pria muda yang menyukai wanita dengan usia jauh lebih tua atau seusia dengan ibu mereka.(dgs)

Baca juga:

Ibu adalah Superwoman, Tak Tergantikan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
CDC Berharap Anak Usia 5 Tahun Mendapatkan Vaksin Akhir Tahun ini
Fun
CDC Berharap Anak Usia 5 Tahun Mendapatkan Vaksin Akhir Tahun ini

Para pembuat vaksin tengah mempersiapkan dosis dan pengajuan regulasinya.

Didi Petet Seniman Terbaik Indonesia, Berpulang
ShowBiz
Didi Petet Seniman Terbaik Indonesia, Berpulang

Didi juga mengembangkan Jurusan Seni Teater di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Mencuci Tangan, dari Saran Medis Kontoversial ke Standar Kesehatan Umum
Hiburan & Gaya Hidup
Mencuci Tangan, dari Saran Medis Kontoversial ke Standar Kesehatan Umum

Ide bahwa penyakit bisa menyebar lewat sentuhan tangan baru diketahui 130 tahun lalu.

 Pesan dari Cantika Abigail untuk Sesama Penyintas Psoriasis
Fun
Pesan dari Cantika Abigail untuk Sesama Penyintas Psoriasis

Cantika Abigail menjadi penyintas autoimune psoriasis sejak 2011.

The Fed Ketatkan Kebijakan Moneter, Market Kripto Kebakaran
Hiburan & Gaya Hidup
The Fed Ketatkan Kebijakan Moneter, Market Kripto Kebakaran

The Fed menegaskan kembali sikap hawkish di rapat.

Mengungkap 5 Mitos Tabir Surya yang Bikin Gagal Paham
Fun
Mengungkap 5 Mitos Tabir Surya yang Bikin Gagal Paham

Banyak orang masih salah paham tentang tabir surya.

Makanan Jepang yang Mendunia
Fun
Makanan Jepang yang Mendunia

Cita rasa makanan Jepang yang unik membuat banyak orang menyukainya.

Go International, Batu Akik Jadi Cenderamata KAA Ke-60
Fun
Go International, Batu Akik Jadi Cenderamata KAA Ke-60

Batu akik jadi cenderamata pada pertemuan internasional.

Intip Fesyen Selebriti Dua Lipa, Zendaya hingga Olivia Rodrigo di Musim Panas
Fashion
Intip Fesyen Selebriti Dua Lipa, Zendaya hingga Olivia Rodrigo di Musim Panas

Pesona ini mereka peroleh melalui pakaian maupun riasan yang digunakan.

Solusi Menyalakan Mesin Mobil Keyless ketika Baterai Remote Habis
Fun