Ketahui Hal Ini Bila Ingin Menindik Bagian Tubuh

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 30 April 2023
Ketahui Hal Ini Bila Ingin Menindik Bagian Tubuh

MENINDIK beberapa bagian wajah ataupun tubuh dilakukan untuk memperindah penampilan. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila kamu memutuskan untuk melakukan tindik. Sebab bila dilakukan secara sembarang, tindik justru bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Seperti dikutip dari Alodokter, Sabtu (29/4), tindik atau piercing merupakan metode membuat lubang kecil di bagian tubuh tertentu dengan cara menusukkan jarum. Nantinya, lubang tersebut akan menjadi tempat untuk memasang perhiasan.

Baca juga:

Keloid Bisa Hilang

Adapun beberapa risiko kesehatan dari menindik bila alat yang digunakan tidak steril. (Foto: Unsplash/Lorenzo)

Menindik bagian tubuh sebenarnya merupakan tindakan yang aman dilakukan. Namun, jika tindik dilakukan dengan peralatan yang tidak steril, kamu akan berisiko terkena penyakit infeksi, seperti tetanus, HIV maupun hepatitis B dan C.

Sebelum menindik, ada baiknya beberapa hal ini perlu kamu perhatikan agar tetap aman dan terhindar dari gangguan kesehatan yang bisa terjadi.

1. Pastikan kamu telah melakukan vaksinasi terlebih dahulu, terutama vaksi tetanus dan hepatitis B.

2. Pilih tempat tindik yang bersih dan memiliki prosedur keamanan bagi pelanggan. kamu dapat mengetahuinya dari kebersihan peralatan tindik yang digunakan dan jarum yang masih disegel. Selain itu, tempat tindik yang baik biasanya memiliki mesin strerilisasi alat tindik atau autoklaf (autoclave).

3. Bersihkan terlebih dahulu area tubuh yang akan ditusuk jarum sebelum melakukan tindikan. kamu dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptik.

4. Pastikan jarum untuk menindik bukan jarum bekas. Jarum yang digunakan harus baru, masih bersegel, steril, dan sangat tajam.

5. Pastikan orang yang akan menindik telah mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan sekali pakai sebelum melakukannya.

Baca juga:

Bunda, Pahami Tentang Menindik Telinga Si Kecil

Bila ingin menindik. ketahui juga kondisi tubuh. (Foto: Unsplash/Kimia)

6. Pastikan kamu tidak alergi dengan bahan perhiasan, misalnya alergi terhadap materi metal atau logam.

7. Pilih perhiasan yang terbuat dari bahan bebas racun, seperti emas murni, titanium, niobium, atau jenis baja yang kualitasnya sama dengan alat bedah (surgical stainless steel).

8. Setelah ditindik, bersihkan perhiasan dan lubang tindikan secara rutin.

Selain beberapa hal di atas, perhatikan juga kondisi dirimu ketika hendak menindik bagian tubuh. Karena ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk melakukan tindik, di antaranya memiliki sistem kekebalan tubuh dan gangguan pendarahan, wanita hamil, penderita diabetes, dan orang yang memiliki alergi. (Far)

Baca juga:

4 Fakta Menarik Seputar 'Piercing' yang Menjelma Menjadi Tren

#Piercing #Fashion #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan