Kecantikan

Cara Menghilangkan Penumpukan Kulit Kepala

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 30 September 2022
Cara Menghilangkan Penumpukan Kulit Kepala
Kepala merupakan bagian tubuh yang juga perlu dilakukan perawatan secara rutin. (Foto: pexels.com/nicola barts)

PENUMPUKAN pada kulit kepala sangat mengganggu. Hal tersebut juga bisa menimbulkan kecemasan bagi mereka yang mengalaminya. Oleh karena itu, segala cara dilakukan agar bisa menghilangkan penumpukan kulit kepala.

Dikutip Byrdie, penumpukan kulit kepala merupakan akumulasi kotoran pada rambut dan kulit kepala dari berbagai sumber, seperti produksi sebum (minyak), sel-sel kulit, produk rambut, polusi udara, dan asap tembakau. Penumpukan tersebut tentunya bisa berdampak bagi penampilan dan kesehatan kulit kepala kamu.

Baca Juga:

Diamond Microcrystal, Perawatan Kulit ala Klinik Kecantikan

Penutup kulit kepala oleh rambut menciptakan mikro permukaan kulit yang unik dan memfasilitasi pertumbuhan mikroba yang mengarah ke mikrobioma yang unik. Mikroba ini menggunakan komponen penumpukan sebagai sumber makanan yang memicu aktivitas metabolisme mereka. Hal ini tentunya bisa menyebabkan munculnya ketombe dan dermatitis seboroik, serta berpotensi menyebabkan kerontokan pada rambut.

Apabila jarang melakukan perawatan pada kepala, bisa menyebabkan penumpukan pada kulit kepala. (Foto: Pexels/kampus production)


Nah, ada beberapa cara untuk menghilangkan penumpukan kulit kepala yang bisa kamu lakukan. Apa saja ya?

1. Sering mencuci kepala

Terdapat tiga ahli yang menyatakan bahwa mencuci kepala secara rutin merupakan cara terbaik untuk mencegah penumpukan kulit kepala. Apabila kamu melihat banyak penumpukan, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa kamu sudah lama tidak mencuci kepala dan rambut kamu.

Baca Juga:

Rangkaian Skincare Terbaru untuk Membuatmu Lebih Menawan

Perlu diketahui, apabila kamu memiliki kulit kepala berminyak, ada baiknya untuk membersihkan kulit kepala setiap hari atau dua hari sekali. Sedangkan, apabila kamu memiliki rambut kering, rusak, atau berwarna, ada baiknya untuk mencuci setiap tiga hingga lima kali sehari.

2. Eksfoliasi kulit kepala

Sama seperti eksfoliasi pada wajah, eksfoliasi pada kulit kepala juga merupakan hal penting. Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan dan membersihkan kulit kepala dari penumpukan. Menggunakan sikat kulit kepala saat keramas, membuat terjadinya pengelupasan penumpukan kotoran dari kulit kepala, sehingga sampo akan mudah membersihkannya dari rambut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan kulit kepala, seperti ekfoliasi. (Foto: Pexels/bennie lukas bester)

Apabila kamu menggunakan sikat kulit kepala, ada baiknya menggunakan sikat dengan bulu yang lembut. Kamu juga bisa menggunakan jari untuk memijat kulit kepala kamu dengan sampo untuk menghilangkan penumpukan kulit kepala. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan kuku karena akan menyebabkan kerusakan pada pelindung kulit kepala.


3. Menggunakan obat sampo

Apabila kamu sudah mencoba mengatasi penumpukan kulit kepala dan mengalami gejala seperti terbakar atau gatal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Dengan begitu, kamu akan mengetahui penyebab sebenarnya. Biasanya apabila kamu pergi ke dokter kulit, kamu akan diberi obat sampo untuk membantu mengatasi penumpukan pada kulit kepala kamu. (yos)

Baca Juga:

Mikroorganisme Berkembang di Rambut Basah

#Kesehatan #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan