Ketahui Arti Warna di Barcode PeduliLindungi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 10 September 2021
Ketahui Arti Warna di Barcode PeduliLindungi
Semua wajib scan barcode PeduliLindungi. (Foto: Istimewa)

VAKSINASI sekarang sudah menjadi syarat ketika seseorang bepergian, salah satunya ke mal. Bagi siapa pun yang ingin masuk, harus scan barcode melalui platform PeduliLindungi untuk melihat seseorang bisa bepergian dengan aman atau tidak. Tapi, apakah kamu tahu arti warna yang ada di status vaksinasi PeduliLindungi?

Mengutip ANTARA, status vaksinasi setiap orang mungkin berbeda-beda, ada yang warna hijau, kuning, merah, dan hitam. Warna hijau akan muncul jika pemilik identitas sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 penuh alias dua dosis. Keterangan yang ada di bawah warna hijau menyebutkan “Saat ini kamu dapat bepergian dengan aman ke fasilitas publik”.

Jika melihat warna kuning, artinya pemilik identitas sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Mereka bisa bepergian ke fasilitas publik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sementara itu, jika yang muncul adalah warna merah, orang tersebut belum divaksin COVID-19. Biasanya warna merah akan disertai dengan keterangan bahwa mereka siap divaksin, lokasi vaksin bisa di seluruh fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi COVID-19.

Terkait dengan status bepergian, orang dengan status vaksinasi merah tidak bisa bepergian ke fasilitas publik.

Baca juga:

PeduliLindungi Bakal Digunakan di Luar Jawa-Bali

Ketahui Arti Warna di Barcode PeduliLindungi
Status vaksinasi berwarna hijau sudah mendapat vaksin dua dosis. (Foto: Unsplash/Kentaro Toma)

Jika yang muncul warna hitam artinya seseorang sedang positif COVID-19 atau kontak erat dengan pasien positif. Mereka yang statu hitam tentu tidak bisa bepergian karena menjalani isolasi mandiri. Pada kasus pasien positif COVID-19, PeduliLindungi akan meminta persetujuan pengguna untuk mengakses data hasil penelusuran kontak dalam 14 hari terakhir, yang tersimpan di server mereka.

Pemerintah akan melacak pengguna lain yang melakukan kontak erat dengan pasien positif tersebut selama 14 hari terakhir, berdasarkan data yang ada di PeduliLindungi. Bagi orang yang kontak erat dengan pasien positif, PeduliLindungi akan memberikan notifikasi bahwa dia harus menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:

Pemerintah Beberkan Bahaya Unduh Aplikasi PeduliLindungi dari Tautan WhatsApp

Ketahui Arti Warna di Barcode PeduliLindungi
Warna hitam artinya harus melakukan isolasi mandiri. (Foto: Unsplash/Dollar Gill)

Fungsi status vaksinasi ini akan terasa ketika seseorang bepergian atau menggunakan fasilitas publik, seperti ke gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau transportasi massal. Pengelola akan menyiapkan kode QR untuk dipindai di depan pintu masuk. Setelah check-in, PeduliLindungi akan mengenali status vaksinasi pemilik akun tersebut.

Berdasarkan data pemerintah per 5 September 2021, masyarakat memanfaatkan aplikasi PeduliLindugi sebanyak 20,9 juta orang di lokasi, seperti pusat perbelanjaan, industri, dan olahraga.

Dari total 20,9 juta orang, sekitar 761.000 orang memiliki barcode merah sehingga secara sistem mereka tidak diizinkan masuk. Pemerintah juga mendapati terdapat 1.603 orang yang berstatus positif atau kontak erat yang mencoba masuk ke ruang publik. (and)

Baca juga:

Warga Keluhkan Pembaharuan Aplikasi PeduliLindungi

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan