Kesulitan Menghadapi Konsumen? Simak Tips Berikut Ini

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Rabu, 07 September 2022
Kesulitan Menghadapi Konsumen? Simak Tips Berikut Ini
Buat pelangganmu tetap merasa nyaman. (Foto: Unsplash/LinkedIn Sales Solutions)

KAMU mungkin pernah mengalami saat-saat menegangkan ketika bertemu dengan pelanggan penting. Mereka kerap membuat tuntutan di luar jangkauan, menuntut harga yang tidak realistis, atau meminta memperbaiki sesuatu.

Ketika berinteraksi dengan pelanggan, sangat penting untuk memiliki keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik. Kamu harus pintar-pintar menghadapi tipe pelanggan seperti ini. Karena ketika kita memberikan layanan yang tepat, mereka juga mempertahankan kepercayaan kepada kita.

Baca juga:

Tipe Keluhan Pelanggan, Tipe yang Manakah Kamu?

Kesulitan Menghadapi Pelanggan? Simak Tips Berikut Ini
Pahami apa perkataan pelangganmu. (Foto: Unsplash/krakenimages)

Ada beberapa jenis pelanggan yang kerap ditemukan, salah satunya sering marah. Pelanggan yang marah bisa sangat menantang. Langkah pertama yang baik adalah meminta maaf, meskipun kamu merasa tidak melakukan kesalahan. Tindakan sederhana ini dapat membantu menenangkannya sehingga kamu dapat beralih ke percakapan yang lebih produktif.

Kamu bisa mengatakan, "Saya minta maaf karena menerima produk yang salah, dan saya mengerti betapa tidak nyaman dan membuat frustasi itu. Perlu diketahui bahwa kamu sedang berupaya mengirim penggantinya."

Ada juga pelanggan yang bimbang, antara ingin membeli produkmu atau tidak. Salah satu cara yang dapat membantu mereka adalah dengan menentukan kekhawatiran khusus mengenai pembelian. Kamu dapat meyakinkan mereka dengan berbicara dengan percaya diri tentang produk atau layanan dan berbagi sebanyak mungkin informasi.

Berbeda halnya ketika kamu bertemu dengan pelanggan yang kritis. Mereka bisa saja menemukan kesalahan dan kekurangan dalam produk barang atau jasa pada bisnismu. Untuk menghadapunya, dengarkan mereka dengan sabar dan pahami sudut pandang sebagai konsumen. Terkadang, pelanggan seperti ini menawarkan umpan balik yang bagus melalui kejujuran mereka.

Baca juga:

Media Sosial Mudahkan Pelayanan Pelanggan di Era Digital

Kesulitan Menghadapi Pelanggan? Simak Tips Berikut Ini
Tetap jalin relasi yang baik dengan pelanggan. (Foto: Unsplash/Sebastian Herrmann)

Mengutip laman Vantage Partners, penting bagi seorang pebisnis untuk berpikir ke depan dan mengantisipasi jenis kesulitan, serta tantangan yang dihadapi. Cobalah untuk menetapkan harapan yang jelas di depan. Dalam membuat keputusan, carilah cara-cara kreatif untuk memenuhi kepentingan nyata setiap orang. Tetapi jika ada konflik atau masalah, berikan solusi yang masuk akal.

Jika pelanggan marah, menjadi ide yang baik untuk mencoba mendengarkan dan memahami kekhawatiran mereka. Tanpa disadari, kamu juga akan belajar banyak hal dari si pelanggan dan mereka merasa lebih baik karena diperhatikan.

Penting juga untuk tetap menjaga komunikasi dan bahasa agar tetap profesional, ramah, dan penuh hormat. Perilakumu mencerminkan atasan atau bisnismu. Pertahankan nada yang datar dan periksa apakah bahasa tubuhmu menunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu terbuka terhadap umpan balik yang mereka berikan.

Ketika kamu selesai membantu pelanggan, pastikan untuk bertanya kepada mereka apakah ada keluhan lainnya. Terkadang, mereka hanya fokus dengan masalah awal sehingga melupakan masalah lain. Ini juga yang membuat pelanggan tahu bahwa kamu masih menghormati dan menghargai mereka. (and)

Baca juga:

Cara Menghadapi Pelanggan yang Suka Bikin Jengkel

#Lipsus September Konsumen #Inspirasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan