Kesuksesan Asian Games 2018 Dongkrak Elektabilitas Jokowi

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 04 September 2018
Kesuksesan Asian Games 2018 Dongkrak Elektabilitas Jokowi
Presiden Jokowi dan Menlu Retno Marsudi berbincang dengan Presiden IOC Thomas Bach dan Presiden OCA Skeikh Ahmad Fahad Al-Sabah (@sekretariat.kabinet)

MerahPutih.com - Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menyebut kesuksesan perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang turut mendongkrak elektabilitas bakal calon Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Petahana diuntungkan bisa melakukan apa yang disebut 'imaging policy', seluruh kebijakan, kegiatan, aktivitas memberi dampak pada citra. Asian Games citranya positif, tentu insentif elektoral untuk jokowi," ujar dia di Jakarta, Selasa (4/9).

Presiden Jokowi dan Gubernur NTB TGB Zainul Majdi
Presiden Jokowi bersama Gubernur NTB Zainul Majdi nobar penutupan Asian Games bersama warga korban gempa di Lombok (Biro Pers Setpres/Agus Suparto)

Menurut dia, meski citra positif dari pesta olahraga terbesar kedua di dunia itu setidaknya akan berdampak sepanjang 2018, belum tentu dapat mendongkrak elektabilitas hingga 2019.

"Apakah citra positif itu bisa bertahan sampai 2019 kita tidak bisa memprediksi karena banyak kejadian yang mungkin akan menimbulkan interpretasi politik dalam beberapa bulan ke depan," ucap Ubedilah sebagaimana dilansir Antara.

Tim pemenangan Jokowi dan pasangannya, Ma'ruf Amin, disarankannya terus berpikir kreatif untuk menyiapkan satu tim yang dapat menjadi representasi kaum muda karena pasangan tersebut memiliki kekurangan dari sisi dukungan generasi milenial.

Ada pun keunggulan komunikasi Jokowi dinilai Ubedilah dapat mengeluarkan pernyataan yang menggambarkan apa adanya dan kesederhanaan sehingga mudah dibaca rakyat, tetapi di sisi lain pemilih rasional menilai sosok Presiden sebaiknya nampak berwibawa dan cerdas.

Stuntman pada pembukaan Asian Games
Sosok yang digambarkan Jokowi saat masuk kedalam venue opening ceremony Asian Games di SUGBK (MP/Rizki Fitrianto)

Pada Asian Games 2018, para olahragawan Indonesia berhasil merebut 31 medali emas, yang menjadi perolehan medali emas tertinggi Indonesia sepanjang keikutsertaan di Asian Games, melampaui target awal yakni 16 medali emas. Pada akhirnya, Indonesia pun sukses menjadi negara terbaik keempat di Asian Games 2018.

Presiden Joko Widodo pun telah menyerahkan bonus kepada para atlet dan pelatih yang meraih medali dalam ajang Asian Games 2018 di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9). (*)

#Asian Games 2018 #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan