Kesibukan Stadion My Dinh Hanoi Jelang Opening Ceremony SEA Games 2021

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 12 Mei 2022
Kesibukan Stadion My Dinh Hanoi Jelang Opening Ceremony SEA Games 2021
Kondisi My Dinh Stadium sebelum upacara pembukaan. (Foto: NOC Indonesia/MP Media/Thomas Kukuh)

MerahPutih.com - SEA Games 2021 akan dibuka secara resmi pada Kamis (12/5) malam. MerahPutih.com berkesempatan meliput langsung ajang multievent di Asia Tenggara itu.

Kesibukan mulai terasa di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi sejak Kamis (12/5) siang. Ya di stadion yang terletak di jantung kota Hanoi itulah akan diselenggarakan opening ceremony, Kamis malam. Meski sempat diguyur hujan ringan, pihak penyelenggara terus sibuk mempersiapkan opening ceremony.

Baca Juga:

Alasan Jokowi Tak Bebani Atlet Target Tinggi di SEA Games Vietnam

Dari pantauan Merah Putih Media, akses menuju stadion sudah steril sejak siang hari. Beberapa sudut jalan menuju stadion ditutup. Dijaga ketat petugas keamanan Vietnam. Para penonton atau pihak manapun yang ingin menghadiri acara ini harus berjalan kaki sekitar 100 meter.

Situasi sibuk terlihat jelas ketika MerahPutih berada di area stadion. Panitia pelaksana masih sibuk mempersiapkan berbagai macam hal untuk membuat sukses acara ini.

Hingga pukul 17.00 para pendukung acara masih terus sibuk menggelar geladi bersih di bawah rintik hujan.

Perwakilan kontingen dari sebelas negara peserta akan melakukan parade defile dalam acara ini. Emilia Nova mendapat kehormatan menjadi pembawa bendera Tim Indonesia.

Namun sebelum momen itu terjadi, sejumlah pertunjukkan seni dan budaya akan disuguhkan kepada para penonton. Theme song berjudul Let's Shine juga akan menggema di stadion. Acara yang tak kalah krusial tentu penyalaan obor. Sejumlah atlet Vietnam telah ditunjuk untuk melakukan prosesi yang sakral ini.

Sementara itu, Kontingen Indonesia akan memberikan penampilan yang spesial saat upacara pembukaan SEA Games 2021 malam nanti.

Dalam upacara pembukaan tersebut Kontingen Indonesia akan diwakili oleh 30 perwakilan atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) dan dipimpin langsung Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games 2021, Ferry J Kono.

Baca Juga:

Tim Renang Indonesia Percaya Diri Raup Medali Emas di SEA Games 2021

Nantinya pada saat defile para atlet dan CdM akan mengenakan pakaian casual (non-formal) dengan balutan warna merah dan putih.

"Defile Kontingen Indonesia nanti akan diwakili oleh perwakilan 30 atletnya ditambah saya selaku CdM dan direncanakan kita akan menggunakan seragam tersendiri yang casual, yang milenial," kata Ferry

"Hal ini untuk merepresentasikan tim Indonesia yang 60 persen (atletnya) adalah junior sehingga tidak terlalu berat, jadi casual saja dengan balutan warna merah putih," imbuh dia.

Kontingen Indonesia juga akan tetap menampilkan kekayaan budaya Nusantara dalam balutan kostum yang dipakai saat defile nanti. Identitas kekayaan budaya dari 34 provinsi seluruh Indonesia itu terwujud dalam topi yang dipakai masing-masing kontingen tim Indonesia.

"Jadi harapannya ini bisa mempromosikan budaya bangsa kita yang kaya itu, di satu sisi menampilkan bahwa casualnya itu menandakan kesederhanaan kita dalam bersosialisasi dengan masyarakat di Asia Tenggara," tutup Ferry.

Laporan Langsung Taufik Hidayat dari Vietnam

Baca Juga:

Kisah Emilia Nova dari Cedera hingga Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2021

#Sea Games 2021 #Sea Games Vietnam #Sea Games Hanoi #Sea Games 2021 Vietnam
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan