Kesetaraan Gender: Indonesia Peringkat Ke-92 dari 145 Negara

Adinda NurrizkiAdinda Nurrizki - Kamis, 19 November 2015
Kesetaraan Gender: Indonesia Peringkat Ke-92 dari 145 Negara
Image courtesy of atibodyphoto at FreeDigitalPhotos.net

MerahPutih Peristiwa - Sebuh laporan dari World Economic Forum (WEF), Global Gender Gap Report, menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat ke 92 dari 145 negara dalam hal kesetaraan gender.

Sebelum laporan ini dirilis, WEF menganalisis lebih dari selusin data terkait partisipasi dan kesempatan perempuan dalam menjalani kegiatan ekonomi, pencapaian pendidikan, kesehatan, kelangsungan hidup dan pemberdayaan politik.

Peringkat Indonesia di tataran dunia ini merupakan pencapaian yang belum begitu baik. Dibandingkan dengan Islandia, Norwegia, Finlandia, Swedia dan Irlandia, yang menempati peringkat lima besar, tentu Indonesia masih kalah sangat jauh.

Sementara itu, negara Timur Tengah kembali menempati urutan terbawah. Yaman, Pakistan, Suriah, Chad, dan Iran kembali menempati urutan lima terbawah.

Dua negara yakni Bolivia dan Nizaragua mengalami peningkatan yang pesar. Bolivia kini menempati urutan 22 dari 65, sedangkan Nicaragua menempati urutan 12 dari 50.

WEF juga melaporkan bahwa hanya ada empat negara di mana wanita lebih banyak berkerja dari pada pria. Negara ini ialah Malawi, Mozambique, Rwanda dan Burundi. Kemudian hanya ada tiga negara di mana penduduk wanita lebih banyak bekerja sebagai manajer, legislator, dan karyawan senior. Tiga negara tersebut adalah Kolombia, Fiji, dan Filipina.

 

BACA JUGA:

  1. Putin: Memaafkan Teroris Itu Urusan Tuhan, Tapi Mengirim Mereka ke Tuhan Adalah Tugas Saya
  2. Malaysia Kerahkan Pasukan untuk Tangkap Penghina Alquran Alvin Tan
  3. Islamophobia Merebak, Pria Muslim di Paris Buat Pesan Mengharukan
  4. Obama Sindir Politisi yang Tolak Pengungsi Muslim
  5. Takut, Amerika Serikat Kini Tolak Pengungsi Suriah
#Perempuan #Kesetaraan Gender
Bagikan
Ditulis Oleh

Adinda Nurrizki

Bagikan