Keseringan Pakai Sneakers, Jamur Kaki Mengintai Cegah jamur tumbuh di kaki akibat kelamaan pakai sneakers. (foto: pixabay/publicdomainpictures)

BANYAK alasan sneakers jadi alas kaki favorit kamu. Selain stylish, sneakers juga praktis dan serbapas di segala suasana.

Sayangnya nih, meski bisa dipakai kapan saja dan di mana saja, sneakers rentan membuat kakimu lembap. Keseringan memakai sneakers akan membuat kulit kakimu lembap sehingga bisa terkena infeksi jamur.

Seperti dilansir Hellosehat, infeksi jamur di kaki bisa terjadi melalui kontak langsung dan tidak langsung. Penularan secara langsung biasanya karena kulit kamu bersentuhan langsung dengan orang yang memiliki jamur kaki.

Sebaliknya, menggunakan barang pribadi orang lain yang mengalami jamur kaki, seperti kaus kaki, sepatu, dan handuk, secara tidak langsung dapat menyebarkan jamur. Bukan hanya itu, terlalu sering menggunakan sneakers atau sepatu tertutup lainnya setiap hari, dapat membuat kulit kaki lembap dan hangat.

Kondisi itu merupakan tempat favorit bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang biak. Kalau kaki sudah terkena infeksi jamur, kamu akan mengalami gatal, kering, dan kemerahan pada kulit kaki.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus memensiunkan semua sneakers kamu. Infeksi jamur kaki bisa dicegah kok. Kamu tetap bisa memakai sneakers setiap hari asalkan selalu rutin dan telaten melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah pertumbuhan jamur di kaki.

1. Jaga agar kaki selalu dalam kondisi kering dan bersih

foot
Jaga kaki selalu bersih dan kering. (foto: pixabay/nosheep)

Cucilah kaki menggunakan air dan sabun setiap hari, atau saat kaki sudah terasa cukup lembap. Terutama jika kamu termasuk orang yang gampang berkeringat. Jangan lupa, pastikan seluruh bagian kaki kering seutuhnya.


2. Pastikan sneakers masih layak pakai

sport shoes
Pastikan sneakers masih layak pakai. (foto: pixabay/monofocus)

Sepatu yang sudah berumur cukup lama amat mungkin dihuni banyak jamur di dalamnya.
Gunakan sneakers sesuai dengan ukuran kaki. Jamur dapat tumbuh subur pada kaki bila kamu memakai sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil. Hal itu disebabkan kaki tidak memiliki ruang yang leluasa untuk bernapas.


3. Gunakan semprotan antijamur dan kaus kaki

socks
Pakai kaus kaki yang diganti tiap hari. (foto: pixabay/lum3n)

Untuk kaus kaki, rutinlah mengggantinya setiap hari. Menggunakan kaus kaki yang sama dalam waktu lama berisiko menumpuk terlalu banyak kotoran dan keringat penyebab jamur. Apalagi jika aktivitas yang kamu lakukan mudah menimbulkan keringat.


4. Gunakan bedak di kaki

talcum powder
Bedak tabur membantu kaki tetap kering. (foto: medicalnewsexpress)

Cara ini dapat membuat kaki lebih kering sehingga mencegah keringat dan kelembapan berlebih.


5. Rutin mengecek perubahan pada kaki

feet
Cek kaki secara berkala. (foto: pixabay/stocksnap)

Rajin-rajin periksa kakimu, ya. Jika tampak ada yang tidak beres, segera beri pengobatan secepatnya atau periksa ke dokter.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH