Kesenian Tradisional Gamelan Jawa Diminati di Jerman Pembuatan alat musik gamelan di Bantul Yogyakarta. (FOTO Antara/Aditya Pradana Putra)

Kesenian tradisional musik gamelan Jawa ternyata sangat diminati di Jerman. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta workshop seni gamelan Jawa yang digelar di ruang Kai Studio 1 Elbphilharmonie, gedung konser paling megah di Jerman Utara.

Pensosbud Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hamburg Singgih Yuwono, mengungkapkan, permohonan untuk mempelajari kesenian tradisional gamelan Jawa asli Indonesia itu datang dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sekolah dasar, sekolah lanjutan (SMP/SMA), akademi musik, hingga perusahaan atau event organizer yang bergerak di bidang musik.

Ia juga mengungkapkan, acara worksho di Elbphilharmonie itu dilanjutkan dengan pentas seni gamelan Jawa oleh beberapa orang penabuh gamelan dari Indonesia, Jerman dan Jepang.

Dalam acara ini, ratusan undangan, baik dari kalangan pemerintah, pengurus musik dan masyarakat Hamburg yang hadir memberikan applause meriah kepada peserta penabuh gamelan. Para penabuh gamelan Jawa ini memainkan instrumen gamelan dengan antusias dan mengenakan kain serta aksesori khas Indonesia.

Konjen RI Hamburg, Sylvia Arifin, mengatakan workshop dan pertunjukan gamelan ini diharapkan dapat mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia. Selain itu juga akan mempererat people-to-people contact, serta meningkatkan saling pengertian antara rakyat Indonesia dan warga Jerman Utara.



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH