Kesehatan

Kesemutan? Ada Sakit Mengintai!

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 28 Januari 2020
Kesemutan? Ada Sakit Mengintai!
Kesemutan bisa jadi gejala penyakit. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

KAMU pasti pernah mengalami hal ini. Sensasi seperti ditusuk jarum-jarum kecil ketika terlalu lama duduk atau setelah tubuh mendapatkan tekanan tertentu. Sensasi seperti ini biasa dikenal dengan istilah kesemutan yang bisa langsung berkurang ketika dipijat secara perlahan. Hati-hati ternyata terdapat pertanda penyakit di baliknya.

Melansir dari healthline.com, beberapa faktor bisa menyebabkan terjadinya kesemutan pada tubuh. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan hal tersebut. Tentunya kamu harus mulai membiasakan pola hidup sehat sejak dini untuk menghindari berbagai penyakit kronis. Sensasi kesemutan bisa jadi merupakan gejala awal lho. Simak ulasan menarik berikut ini.

Baca Juga;

Ketahui Fakta-Fakta Virus Corona


1. Olahraga

semut
Olahraga bisa mengurangi resiko kesemutan. (Foto: Pixabay/5132824)

Sepertinya kamu sudah mulai harus menerapkan jadwal rutin olahraga apabila sering mengalami masalah kesemutan. Olahraga rutin mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan melatih saraf motorik. Selain itu kalori berlebihan yang menumpuk dan menyebabkan kesemutan akan keluar bersamaan dengan keringat. Kesemutan juga bisa disebabkan karena tubuh yang jarang bergerak sehingga aliran sirkulasi darah terhambat.


2. Perbaiki pola makan

sermut
Konsumsi makanan rendah lemak. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Mau tidak mau kamu harus mengurangi makanan berlemak dan mulai beralih ke sayur, buah dan daging rendah lemak. Karena kalori berlebihan yang menumpuk di dalam tubuh serta kadar gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit kronis seperti Diabetes. Akibatnya Beberapa saraf akan rusak dan menimbulkan sensasi kesemutan. Ih ngeri!


Baca Juga:

4 Manfaat Unik Ampas Kopi Yang Memudahkan Hidup Kamu

3. Hindari tekanan

semut
Tubuh harus sering bergerak. (Foto: Pixabay/www.slon_pics)

Jangan duduk di posisi yang sama dalam waktu lama. Jika kamu seorang pekerja kantoran, sering-sering rehat dan jalan sebentar di sekitar kantor untuk merelaksasi aliran darah serta saraf yang dibiarkan kaku saat duduk. Tubuh yang mendapatkan tekanan terlalu lama akan mengalami kesemutan.


4. Air

semut
Air mineral melancarkan peredaran darah. (Foto: Pixabay/95839)


Kesemutan bisa terjadi karena adanya bagian tubuh yang tersumbat salah satunya peredaran darah. Olahraga saja tidak cukup. Kamu juga wajib rajin minum air mineral agar sistem peredaran darah di dalam tubuh lancar tanpa hambatan. (mar)


Baca Juga:

Sering Tertidur saat Beraktivitas? Hati-Hati Narkolepsi

#Sakit #Penyakit
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan